KORELASI ANTARA LINGKUNGAN PENDIDIKAN DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMK NEGERI 1 PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA

Nur Laela, Fitriyani (2017) KORELASI ANTARA LINGKUNGAN PENDIDIKAN DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMK NEGERI 1 PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
NUR LAELA FITRIYANI _ KORELASI ANTARA LINGKUNGAN PENDIDIKAN DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari adanya fenomena minimnya kesadaran dan pengetahuan siswa tentang pelajaran Pendidikan Agama Islam. Selain itu, lingkungan sekitar sangat berperan dalam membentuk perkembangan dan kepribadian siswa. Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki peranan penting dalam meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan, dan pengamalan peserta didik tentang Agama Islam agar menjadi manusia muslim yang beriman, bertakwa kepada Allah SWT serta memiliki akhlak mulia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan lingkunganpendidikan siswa di SMK N 1 Punggelan, Banjarnegara. Rumusan masalahnya adalah “Adakah korelasi antara hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan lingkunganpendidikan siswa di SMK N 1 Punggelan, Banjarnegara. Dalam penulisan ini penulis menggunakan metode deskriptif, adapun jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian deskriptif korelatif, yaitu mencari korelasi dari dua variabel atau lebih yang mempunyai maksud dan tujuan yang sama, sehingga dapat dicari hubungan antara satu gejala dengan gejala yang lainnya, yaitu hasil belajar dengan lingkungan pendidikan SMK N 1 Punggelan, Banjarnegara. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat korelasiantaralingkunganpendidikandenganhasilbelajarpendidikan agama Islam siswa di SMK N 1 Punggelan, Banjarnegara dengan perolehan rhitung sebesar 0,446dan rtabel pada taraf signifikasi 5% sebesar 0,202. Hasil tersebut dikonsultasikan pada tabel interpretasi nilai r, maka korelasi dalam penelitian ini termasuk mempunyai hubungan yang cukup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LingkunganPendidikan, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 24 Jul 2017 02:53
Last Modified: 24 Jul 2017 02:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2487

Actions (login required)

View Item View Item