EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM Di SDIT ANNIDA SOKARAJA-BANYUMAS

Sutrisno, 1123308081 (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM Di SDIT ANNIDA SOKARAJA-BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text
SILFIA ULFAH_PERCERAIAN DI LUAR PENGADILAN MENURUT MAJELIS ULAMA INDONESIA (Studi Fatwa MUI No. 1 Tahun 2012).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran bukanlah sekedar upaya untuk membantu guru, namun juga mempermudah siswa dalam proses belajar. Karena dengan menggunakan medianaudio visual, siswa lebih terfokus dan termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Dengan demikian penggunaan media audio visual dalam pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman serta siswa dapat menerima pesan yang disampaikan oleh guru dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan media audio visual dan siswa yang dalam pembelajaran menggunakan media konvensional, dengan mengangkat judul Efektivitas penggunaan media audio visual dalam peningkatan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah true experimental dengan desain pre test and post test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDIT ANNIDA Sokaraja. Teknik untuk menentukan sampel adalah simple random sampling dan diperoleh kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Dari hasil post test diperoleh nilai t-tabel sebesar 2,00 sedangkan t-hitung 4,140 taraf signifikansi 5%. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai t-hitung lebih besar dari pada nilai t-tabel (4,14 > 2,00) Karena t hitung> t tabel, maka (Ho) di tolak dan (Ha) diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil mean post test kelas eksperimen yaitu 75,37 dengan peningkatan skor sebesar 27,63 lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 63,89 dengan peningkatan skor sebesar 15,68. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio-visual lebih efektif dari pada media konvensional dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SDIT ANNIDA Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. Kata Kunci: Efektivitas, media audio visual, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 03 Mar 2017 01:50
Last Modified: 03 Mar 2017 01:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2214

Actions (login required)

View Item View Item