ImplementasiPendidikanKarakter Di PondokPesantren Darussalam DukuhWaluhKecamatanKembaranKabupatenBanyumas MuhammadSubhan NIM. 102338067

MuhammadSubhan, 102338067 (2017) ImplementasiPendidikanKarakter Di PondokPesantren Darussalam DukuhWaluhKecamatanKembaranKabupatenBanyumas MuhammadSubhan NIM. 102338067. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
MUHHAMAD SUBHAN_IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (720kB) | Preview

Abstract

Eksistensi pondok pesantren sedikit banyak telah membantu para pendidik dan khususnya lembaga pendidikan formal dalam pebentukan karakter anak didik. pesantren telah berfungsi sebagai filter budaya yang masuk dari manapun yang tidak sesuai dengan nilai-nilai budaya Indonesia dan khususnya Islam. Pondok Pesantren Darussalam Dukuh Waluh dalam banyak hal menarik untuk dikaji khususnya bagaimana Implementasi Pendidikan Karakter diterapkan di pesatren ini. Oleh karena itu, ada beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam kajian ini yaitu mengetahui pola pengajaran akhlak dan pembentukan karakter siswa (santri) di Pesantren darussalam dukuh waluh, dan mengetahui cara penanaman ajaran Islam secara umum di Pesantren Darusalam yang diduga dapat memunculkan sikap moderat dalam beragama. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Pondok Pesantren Darussalam Dukuh Waluh, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengamatan dilakukan dengan cara melihat dan mengamati fenomena di Pondok Pesantren Darussalam Dukuh Waluh yang dianggap penting, kemudian kejadian itu dicatat sebagaimana terjadi pada keadaan sebenarnya. Kemudian, interviu mendalam ini dilakukan kepada para siswa dan guru. Sementara itu, dokumen dalam penelitian ini berupa informasi tertulis yang berkenaan dengan pelaksanaan pembelajaran atau berbagai kegiatan di Pondok Pesantren Darussalam Dukuh Waluh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Darussalam Dukuh Waluh ini, baik secara formal maupun non-formal semua mengarah kepada pembekalan santri atau siswa untuk memiliki akhlak yang Islami atau akhlak yang bersumber dari nilai-nilai Islam. Dapatlah diterangkan dari pengajaran kitab kuning yang salah satunya mengajarkan secara langsung materi akhlak sampai kepada tradisi atau kebiasaan yang diciptakan di lingkungan pesantren, semuanya sebenarnya mengarah kepada pembentukan karakter manusia yang sempurna. Disiplin, kerja keras, kebersamaan, kesederhanaan, kesabaran, toleransi, dan perilaku moderat semua itu adalah karakter yang ingin ditanamkan pada setiap santri Pondok Pesantren Darussalam Dukuh Waluh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakter, Kesederhanaan, Kesabaran, Pondok Pesantren Darussalam Dukuh Waluh
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 24 Feb 2017 01:24
Last Modified: 24 Feb 2017 01:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2186

Actions (login required)

View Item View Item