PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS INKLUSI DI SD ISLAM TERPADU ANNIDA SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2013/2014

Khoirudin Hidayat, 0923331198 (2016) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS INKLUSI DI SD ISLAM TERPADU ANNIDA SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, BabI,V,Daftar Pustaka.pdf

Download (709kB) | Preview
[img] Text
KHOIRUDIN HIDAYAT_PEMBELAJARAN PENDDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran Inklusi adalah sebuah trobosan untuk memberikan kesempatan kepada Anak Berkebutuhan Khusus untuk belajar bersama dengan anak-anak normal yang lainya. Mereka belajar bersama-sama dalam satu ruangan. SD Islam Terpadu Annida Sokaraja Kabupaten Banyumas adalah salah satu di antara sekolah yang menyelenggarakan pendidikan Inklusi. Proses pembelajaran pada kelas inklusi di SD IT Annida Sokaraja dilakukan dengan berbagai penyesuaian terhadap komponen-komponen pembelajaran. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD tersebut sudah dirasa cukup berhasil, sehingga menarik untuk diketahui lebih lanjut dalam proses pembelajaranya. Selain itu juga sulitnya untuk memahamkan materi Pendidikan Agama Islam apalagi terhadap Anak Yang Berkebutuhan Khusus. Maka, dari uraian diatas rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah bagaimana proses pembelajran PendidikanAgama Islam di SD Islam Terpadu Annida Sokaraja Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2014/2015. Skripsi ini akan membahas komponen-komponen pembelajaran yang dilaksanakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas inklusi. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan penelitian kwalitatif yang menghasilkan data deskripsif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode wawancara, observasi, dan dokumaetasi. Metode wawancara adalah salah satu metode untuk mendapatkan penjelasan lansung dari nara sumber yang dapat menggabarkan proses pembelajaran PAI di SD IT Annida Sokaraja. Metode observasi digunakan untuk memperoleh data dari pelaksanaan kegiatan pembelajaran PAI di SD IT Annida Sokaraja yang dilaksanakan oleh guru dan siswa meliputi tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasinya. Kemudian metode dokumentasi yang menghasilkan data tentang keadaan SD IT Annida Sokaraja melalui dokumen yang ada di SD tersebut. Hasil dari penelitian menunjukan pembelajaran PAI pada kelas inklusi di SD IT Annida Sokaraja disesuaikan berdasarkan kemampuan ABK, sehingga komponen-komponen pembelajaran dari tujuan, materi, metode, media, dan evaluasi pembelajaran berbeda dengan kelas reguler. Key word: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, dan Kelas Inklusi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:00
Last Modified: 14 Jun 2016 07:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/213

Actions (login required)

View Item View Item