OPTIMALISASI PENERAPAN QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD (QRIS) PADA PELAKU USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI KECAMATAN MAJENANG

Meida, Kusumah Mardani (2023) OPTIMALISASI PENERAPAN QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD (QRIS) PADA PELAKU USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI KECAMATAN MAJENANG. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-Meida K.M-Optimalisasi Penerapan QRIS Pada Pelaku UKM di Kecamatan Majenang.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Sejak diluncurkan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) mempermudah para pelaku UKM dan konsumen untuk bertransaksi. Sebab mereka dimudahkan untuk bertransaksi walaupun mempunyai e-wallet yang berbeda dengan pelaku UKM. Seiring dengan perkembangan UKM yang meningkat, selaras juga dengan pengguna QRIS di Indonesia. Hal ini terlihat dari diterimanya kemajuan QRIS sebagai alat transaksi bagi para pelaku usaha di Kecamatan Majenang. Dengan adanya QRIS berharap nantinya menjadi alat transaksi pada pelaku usaha agar lebih optimal. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini diantaranya yaitu (1) Untuk mengetahui penerapan penggunaan QRIS pada pelaku UKM di Kecamatan Majenag. (2) Untuk mengetahui hambatan yang terjadi pada penerapan QRIS di UKM Kecamatan Majenang. (3) Untuk mengetahui dampak penjualan sesudah memakai QRIS sebagai salah satu sistem pembayaran para pemilik UKM di Kecamatan Majenang Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian dan kemudian penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan QRIS pada pelaku UKM umumnya sudah sesuai dengan sosialisasi tentang QRIS, namun untuk penerapan sehari-hari yang terjadi di pelaku usaha ataupun konsumen masih jarang yang menerapkan QRIS. (2) Hambatan yang terjadi pada penerapan QRIS di UKM diantaranya, jarangnya konsumen yang bertransaksi yang menggunakan QRIS di toko/merchant mereka. Serta adanya biaya yang dikenakan pada salah satu UKM yaitu sebesar 0,7% dari nilai transaksi pembayaran UKM. (3) Dampak penjualan setelah menggunakan QRIS pada pelaku UKM yaitu tidak mempengaruhi pada omzet penjualan mereka. Walaupun demikian ada beberapa UKM yang mengalami perbedaan sebelum dan sesudah memakai QRIS yaitu mempermudah konsumen untuk bertransaksi di toko/merchant mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Merchant, QRIS, UKM.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Meida Kusumah Mardani sdri
Date Deposited: 02 Feb 2023 01:24
Last Modified: 02 Feb 2023 01:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18264

Actions (login required)

View Item View Item