ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS XI DALAM MENYELESAIAKN SOAL MATEMATIKA BENTUK URAIAN BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO DI SMK MA'ARIF NU 1 CILONGOK

Ani, Savitri (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS XI DALAM MENYELESAIAKN SOAL MATEMATIKA BENTUK URAIAN BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO DI SMK MA'ARIF NU 1 CILONGOK. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi-Ani Savitri-1617407007.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan dan penyebab yang dilakukan siswa kelas XI MM 3 SMK Ma’arif NU 1 Cilongok dalam menyelesaikan soal matematika bentuk uraian berdasarkan taksonomi SOLO. Fokus penelitian ini adalah analisis kesalahan dengan menggunakan kriteria jenis kesalahan Subanji dan Mulyoto pada materi matriks. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa kelas XI MM 3 SMK Ma’arif NU 1 Cilongok yang terdiri dari 3 respon jawaban siswa masing-masing level lalu setiap siswa dianalisis kesalahannya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan wawancara. Tes dianalisis untuk mengetahui level yang diberikan siswa dalam menjawab soal berdasarkan taksonomi SOLO dan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa sedangkan wawancara dianalisis untuk mengetahui penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa pada setiap level melakukan kesalahan yang berbeda-beda yaitu: 1) kesalahan yang dilakukan siswa pada level prastruktural adalah kesalahan konsep dan interpretasi bahas; 2) kesalahan yang dilakukan siswa pada level unistruktural adalah kessalahan knsep dan kesalahan menggunakan data; 3) kesalahan yang dilakukan siswa pada level multistruktural adalah kesalahan konsep; 4) kesalahan yang dilakukan siswa pada level relasional adalah kesalahan teknik dan kesalahan penarika kesimpulan; 5) kesalahan yang dilakukan siswa pada level extended abstract adalah siswa tidak menyelesaikan soal aplikasi matriks dengan matriks. Penyebab kesalahan yang dilakukan siswa yaitu karena siswa belum memahami soal pengaplikasian matriks, tidak terampil dalam pengoprasian matriks, dan tidak teliti dalam mengerjakan soal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Taksonomi SOLO, Jenis Kesalahan, Matriks
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ani Savitri sdri
Date Deposited: 01 Feb 2023 06:33
Last Modified: 01 Feb 2023 06:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18208

Actions (login required)

View Item View Item