STRATEGI PENGEMBANGAN UNIT USAHA DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (STUDI KASUS PADA UNIT USAHA PONDOK PESANTREN DARUSSALAM DUKUHWALUH PURWOKERTO)

Ibnu Aziz, Al Ikhsan (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN UNIT USAHA DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (STUDI KASUS PADA UNIT USAHA PONDOK PESANTREN DARUSSALAM DUKUHWALUH PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN PROF. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ibnu Aziz Al ikhsan_Strategi pengembangan unit usaha dalam meningktatkan volume penjualan (Studi kasus pada unit usaha Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Unit usaha di Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto merupakan bentuk usaha yang sudah beroprasi dan masih berkembang secara berkala. Unit usaha di Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto memiliki peluang besar untuk berkembang lebih maju lagi, sebab memiliki konsumen tetap yaitu masyarakat Pondok Pesantren. Maka dari itu untuk dapat mengatasi kendala dan hambatan yang ada perlu memformulasikan strategi dalam mengembangan unit usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang dimiliki dan bagaimana Strategi Pengembangan Unit Usaha Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto dalam meningkatkan volume penjualan berdasarkan analisis SWOT. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Berdasarkan diagram SWOT menunjukan bahwa unit-unit usaha yang ada di Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh purwokerto yaitu DS Mart, Warung Pojok Santri dan depot air minum Arwa ketiganya berada pada kuadran I, yang mana pada kuadran I ini mendukung strategi Agresif (Growth Oriented Strategy) dimana posisi ini menujukan bahwa situasi menguntungkan. Sementara itu untuk unit usaha DS Loundry berada kuadran II posisi ini menunjukan bahwa DS Loundry menghadapi berbagai ancaman perusahaan ini masih memiliki kekuatan dari segi internal. Strategi yang harus diterapkan adalah yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang jangka panjang dengan cara strategi diversifikasi (produk/pasar). Kata Kunci : Strategi Pengembangan, Volume Penjualan, Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan, Volume Penjualan, Analisis SWOT
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.11 Sistem
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ibnu Aziz Al Ikhsan sdr
Date Deposited: 31 Jan 2023 09:20
Last Modified: 31 Jan 2023 09:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18070

Actions (login required)

View Item View Item