KONTRIBUSI TRADISI KEPERCAYAAN LOKAL DALAM KOHESI SOSIAL MASYARAKAT (STUDI KASUS TRADISI POTONG TUMPENG PANEMBAHAN MBAH PUTRI DESA WELAHAN WETAN CILACAP)

O I Mahanani, OI M (2022) KONTRIBUSI TRADISI KEPERCAYAAN LOKAL DALAM KOHESI SOSIAL MASYARAKAT (STUDI KASUS TRADISI POTONG TUMPENG PANEMBAHAN MBAH PUTRI DESA WELAHAN WETAN CILACAP). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
O I Mahanani SAA_KONTRIBUSI TRADISI KEPERCAYAAN LOKAL DALAM KOHESI SOSIAL MASYARAKAT.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tradisi merupakan suatu tali penghubung antara nenek moyang dengan generasi penerus generasi muda bangsanya. Di dalam tradisi, terdapat adat istiadat yang berupa hukum, norma-norma yang berlaku, nilai-nilai budaya, serta aturan yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Serta aturan yang saling membentuk satu sistem budaya dan peraturan yang berguna untuk mengatur perbuatan atau tindakan manusia dalam bersosialisasi terhadap masyarakat sekitar. Tradisi memiliki arti lain yaitu kepercayaan yang turun temurun sehingga harus dijaga keasliannya dan dilestarikan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana pengaruh tradisi potong tumpeng di Panembahan Mbah Putri terhadap kohesi sosial masyrakat di Desa Welahan Wetan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan beberapa tahapan, diantaranya pengumpulan data, dan analisis data. Pengumpulan data yang didapat dari hasil wawancara dan pengamatan selama peneliti membaur dengan masyarakat pelaku tradisi potong tumpeng, dan analisis data yaitu dengan cara mendeskripsikan berdasaran apa yang ada di lapangan. Penelitian ini menggunakan teori fungsionalisme struktural yang dikemukakan oeh Talcot Person. Dalam teori ini Talcot Person mendefinisikan bahwa masyarakat diikat dan berada dalam keseimbangan dalam sebuah sistem social. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya tradisi potong tumpeng Panembahan Mbah Putri memiliki pengaruh bagi masyarakat Welahan Wetan. Dengan adanya tradisi tersebut, kohesi sosial dapat tercipta ditengah-tengah masyarakat dan juga menjadi bentuk keharmonisan, kebersamaan dan kerukunan bersama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tradisi Kepercayaan lokal, Kohesi Sosial, Potong Tumpeng
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.9 Adat Istiadat > 2x6.94 Adat Istiadat setempat
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Studi Agama - Agama
Depositing User: O I Mahanani sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 07:37
Last Modified: 31 Jan 2023 07:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17885

Actions (login required)

View Item View Item