IMPLEMENTASI EVALUASI RANAH AFEKTIF MATA PELAJARAN PAI DI SD AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH 02 PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

NURUL HIDAYAH, 102331215 (2014) IMPLEMENTASI EVALUASI RANAH AFEKTIF MATA PELAJARAN PAI DI SD AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH 02 PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (604kB) | Preview
[img] Text
Nurul Hidayah_IMPLEMENTASI EVALUASI RANAH AFEKTIF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari banyaknya persoalan pembelajaran dewasa ini, khususnya pada mata pelajaran PAI yang dinilai dalam proses pembelajarannya lebih menitikberatkan pada domain kognitif, yaitu lebih terfokus pada pengayaan pengetahuan (kognitif) dan minim dalam pembentukan sikap (afektif) serta pembiasaan (psikomotorik). Peserta didik mampu menyajikan hafalan dengan baik terhadap materi ajar yang diterimanya, namun mereka tidak memahaminya dan tidak mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut berbeda dengan tujuan PAIyang lebih ditekankan untuk mengembangkan fitrah keberagamaan dan sumber daya insani agar mampu memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam, terutama dalam hal ini berkenaan dengan akhlak (sikap). Dengan memahami hakikat dari pembelajaran yaitu keterpaduan antara pengetahuan (kognitif), sikap (afektif) dan keterampilan (psikomotorik) yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari oleh peserta didik, baik sebagai pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sehingga tujuan pembelajaran akan mudah tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendapat kejelasan tentang implementasi evaluasi ranah afektif mata pelajaran PAI di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto Tahun Pelajaran 2013/2014? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu jenis penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Data primer diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan guru Pendidikan Agama Islam, sedangkan data sekunder diperoleh melalui wawancara dengan kepala sekolah. Adapun analisis data dalam penelitian ini mengacu pada model Miles dan Huberman yang terdiri dari 3 tahap, antara lain: data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan /verifikasi). Hasil penelitian menunjukan: Implementasi evaluasi ranah afektif mata pelajaran PAI di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto sudah sangat baik. Hal tersebut didukung dengan adanya Program Penilaian Akhlak (PPA) yang diselenggarakan pihak sekolah dan sudah menjadi budaya peserta didik baik di rumah maupun di sekolah, yang mana dari pihak sekolah beserta orang tua sangat mendukung keberhasilan dari program tersebut. Salah satu evaluasi ranah afektif yang diterapkan yaitu dengan adanya Buku Anak Sholeh yang digunakan sebagai pemantauan terhadap kegiatan sehari-hari peserta didik selama di sekolah maupun di rumah. Adanya buku tersebut masuk pada evaluasi non tes dan digunakan pula sebagai buku penghubung antara pihak sekolah dan orang tua. Kata Kunci : Evaluasi Ranah Afektif dan Mata Pelajaran PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 06 Dec 2016 02:54
Last Modified: 06 Dec 2016 02:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1779

Actions (login required)

View Item View Item