PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA KARTU PECAHAN DI KELAS VI MI NEGERI WIRASABA PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Anita, 1123306124 (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA KARTU PECAHAN DI KELAS VI MI NEGERI WIRASABA PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Anita_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika materi tentang pecahan pada semester II di kelas VI MI Negeri Wirasaba, Purbalingga, tahun pelajaran 2013/ 2014. Rendahnya hasil belajar ini antara lain disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa dikarenakan guru belum memanfaatkan media dalam proses pembelajaran. Penulis menggunakan media kartu pecahan untuk mengatasi masalah tersebut dengan pertimbangan media kartu pecahan itu sederhana, praktis, mudah dipahami, dan efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika materi pokok pecahan dengan memanfaatkan media kartu pecahan di kelas VI MI Negeri Wirasaba, Purbalingga, Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini termasuk dalam deskriptif, yaitu membandingkan hasil belajar pada pra siklus (kondisi awal), siklus I, dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah peneliti sendiri (guru kelas VI A), observer (guru kelas VI B), dan siswa kelas VI A. Sedangkan objek penelitian ini adalah hasil belajar, media pembelajaran berupa kartu pecahan, dan metode penugasan dalam pembelajaran matematika. Metode pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan test. Pembelajaran matematika materi pecahan di kelas VI MI Negeri Wirasaba tahun pelajaran 2013/2014 pada pra siklus sebelum tindakan, rata-rata hasil belajarnya 65,6 dengan prosentase kutuntasan belajar 35,3 %. Nilai tertinggi 84 dan nilai terendah 44. Setelah dilakukan tindakan pada kegiatan pembelajaran siklus I, rata-rata hasil belajar menjadi 74,1 dengan prosentase ketuntasan belajar 58,8 %. Nilai tertinggi diperoleh siswa adalah 90 dan nilai terendah adalah 60. Sedangkan setelah dilakukan tindakan pada kegiatan pembelajaran siklus II ratarata hasil belajar yang diperoleh siswa menjadi 85,3 dan prosentase ketuntasan belajar 82,4 %. Nilai tertinggi adalah 100, sedangkan nilai terendah adalah 60. Melihat rata-rata hasil belajar pada tiap siklus tersebut terjadi peningkatan yang cukup signifikan.Dengan demikian terbukti bahwa penggunaan metode penugasan dengan memanfaatkan media kartu pecahan pada pembelajaran matematika materi pecahan di kelas VI MI N Wirasaba sangat berpengaruh sehingga hasil belajar meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 06 Dec 2016 07:22
Last Modified: 06 Dec 2016 07:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1776

Actions (login required)

View Item View Item