STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DI SDN 2 CINGEBUL LUMBIR BMS TAHUN PELAJARAN 2013-2014

Aji Yuliaturrohmah, 092338087 (2014) STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DI SDN 2 CINGEBUL LUMBIR BMS TAHUN PELAJARAN 2013-2014. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
AJI YULIATURROHMAH_STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DI SDN 2 CINGEBUL LUMBIR BMS TAHUN PELAJARAN 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BABI, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan strategi dalam kegiatan pembelajaran sangat perlu karena untuk mempermudah proses pembelajaran sehingga dapat mencapai hasil yang optimal. Strategi yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran terkait dengan cara guru menyiapkan materi, menentukan metode, dan melakukan evaluasi. Untuk itu penerapan strategi yang tepat sangat memepengaruhi pencapain keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Dalam penerapan startegi pembelajaran guru menyesuaikan dengan materi, alokasi waktu dan karakteristik siswa agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Untuk itu penelitian ini lebih fokus pada proses penerapan strategi pembelajaran Pendidiakn Agama Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, lokasi penelitian yang dilakukan di SD Negeri 2 Cingebul Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas. Subjek penelitian adalah guru pengampu pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sedangkan objek penelitian strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 2 Cingebul Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian yang dilakukan di SD Negeri 2 Cingebul dapat diketahui bahwa dalam proses penerapannya guru melalui empat tahap, yaitu perencanaan, pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Dalam perencanaan guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran. Pada kegiatan pendahuluan guru melakukan apersepsi untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Pada kegiatan inti guru menerapkan strategi pembelajaran yang telah ditentukan. Pada kegiatan penutup guru melakukan evaluasi terhadap penerapan strategi pembelajaran. Adapun strategi yang digunakan Strategi Index Card Match digunakan pada materi mengartikan lima Asmaul Husna, Strategi Modeling The Way digunakan pada materi tata cara makan dan minum dan pada materi shalat, Strategi Reading Guide digunkana pada materi kisah Umar Bin Khattab, Strategi Reading Aloud digunakan pada materi kisah Nabi Ismail a.s, Strategi Guide Not Taking digunakan pada materi kisah Nabi Ismail a.s, Strategi Ekspositori hampir digunakan pada semua materi, Strategi Kooperatif digunakan pada materi kaum Muhajirin, Shalat, dan Kisah Umar Bin Khattab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 29 Nov 2016 02:39
Last Modified: 29 Nov 2016 02:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1739

Actions (login required)

View Item View Item