INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANTI KEKERASAN MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA

Septi, Muslimah (2022) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANTI KEKERASAN MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Naskah Skripsi-Septi Muslimah-1817402125.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai pendidikan anti kekerasan melalui pembelajaran PAI dan Budi Pekerti, dengan cakupan: nilai-nilai pendidikan anti kekerasan melalui pembelajaran PAI dan Budi Pekerti, proses internalisasi nilai-nilai pendidikan anti kekerasan melalui pembelajaran PAI dan Budi Pekerti, dan capaian dari internalisasi nilai-nilai pendidikan anti kekerasan melalui pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitan ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kejobong Kabupaten Purbalingga dengan menggunakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dilakukan analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pendidikan anti kekerasan yang diinternalisasikan di SMP Negeri 1 Kejobong yaitu nilai iman dan taqwa, nilai saling percaya, nilai kerja sama, nilai tenggang rasa, nilai toleransi, nilai sopan santun, nilai kasih sayang, nilai kedisiplinan, dan nilai penghargaan terhadap kelestarian lingkungan. Proses internalisasi dilakukan melalui tiga tahapan yaitu transformasi nilai, transaksi nilai, dan transinternalisasi nilai dengan menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, kedisiplinan, dan juga pemberian nasihat. Capaian dari internalisasi menunjukan bahwa terjadi peningkatan kesadaran dari berbagai sektor diantaranya adanya peningkatan iman dan taqwa, peningkatan akhlak dan etika peserta didik yang semakin baik, menunjukkan sikap cinta perdamaian, dan semakin peduli terhadap kelestarian lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Pendidikan Anti Kekerasan, PAI dan Budi Pekerti
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SEPTI MUSLIMAH
Date Deposited: 04 Jan 2023 03:30
Last Modified: 04 Jan 2023 03:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17383

Actions (login required)

View Item View Item