Farida, Ma'rifah (2022) PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK DI MIN 2 CILACAP. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Farida Umu Ma'rifah_Pembelajaran Tematik Berbasis Kecerdasan Majemuk di MIN 2 Cilacap.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Abstrak Riset neuro psikologi menyatakan kapasitas kecerdasan manusia baru 10% yang sudah termanifestasikan. Oleh karena itu lembaga pendidikan perlu mengembangkan kecerdasan manusia, salah satunya yaitu dalam proses pembelajaran. Kegiatan belajar mengajar di kelas V MIN 2 Cilacap menerapkan pembelajaran tematik berbasis kecerdasan majemuk. Berlandaskan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam tentang Pembelajaran Tematik Berbasis Kecerdasan Majemuk di kelas V MIN 2 Cilacap. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran yang mendeskripsikan dan menganalisis pembelajaran tematik berbasis kecerdasan majemuk di MIN 2 Cilacap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mixed method perpaduan antara kuantitatif dan kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan . Subjek dalam penelitian ini yaitu guru kelas lima MIN 2 Cilacap. Adapun objek penelitiannya yaitu pembelajaran tematik berbasis kecerdasan majemuk. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran tematik telah menerapkan teori pembelajaran tematik berbasis kecerdasan majemuk. Adapun kegiatan yang dilakukan guru yaitu Pertama, perencanaan pembelajaran dengan melakukan tes MIR dan membuat lesson plan. Kedua, pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis kecerdasan majemuk dilakukan dengan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup. Ketiga, penialain pembelajaran dilakukan dengan penilaian autentik. Instrumen penilaian aspek kognitif, psikomotorik dan afektif. Hal tersebut menunjukan bahwa MIN 2 Cilacap telah menerapkan pembelajaran tematik berbasis kecerdasan majemuk di kelas V sehingga kecerdasan peserta didik dapat berkembang dengan baik. Kata kunci : Pembelajaran Tematik, Kecerdasan Majemuk, Madrasah Ibtidaiyah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Tematik, Kecerdasan Majemuk, Madrasah Ibtidaiyah |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | FARIDA UMU MA'RIFAH sdri |
Date Deposited: | 27 Dec 2022 03:43 |
Last Modified: | 27 Dec 2022 03:43 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17255 |
Actions (login required)
View Item |