PESAN DAKWAH DALAM TAYANGAN “MENYINGKAP TABIR MISTERI” PADA CHANNEL YOUTUBE MUHAMMAD FAIZAR OFFICIAL (Kajian Analisis Wacana Teun A. Van Dijk)

Sisworo, Catur Pamungkas (2022) PESAN DAKWAH DALAM TAYANGAN “MENYINGKAP TABIR MISTERI” PADA CHANNEL YOUTUBE MUHAMMAD FAIZAR OFFICIAL (Kajian Analisis Wacana Teun A. Van Dijk). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi Sisworo Catur Pamungkas_1717102038.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Cerita mistis dan mitos masih menjadi perbincangan yang hangat di kalangan masyarakat. Mistis merupakan paham yang memberikan ajaran yang serba mistis. Dengan nilai mistis akhirnya menimbulkan mitos yang berkaitan. Mitos adalah prinsip struktur dasar dalam sastra yang memungkinkan hubungan antara cerita dengan makna. Cerita mistis dan mitos selalu mendapat tanggapan pro dan kontra di kalangan masyarakat. Namun jika tidak dikaji berpotensi menyesatkan maka penting cerita mistis dan mitos untuk dikaji. Hal tersebut yang membuat Ustadz Muhammad Faizar akhirnya membentuk suatu tayangan yang bernama “Menyingkap Tabir Misteri” pada channel Youtube Muhammad Faizar Official. Tayangan ini akan mengkaji cerita mistis dan mitos yang ada di kalangan masyarakat dengan menggunakan petunjuk Al-Quran dan As-Sunnah. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode analisis wacana pendekatan Teun A. Van Dijk. Penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Obyek penelitian ini yaitu tiga episode yang memiliki unsur cerita mistis dan mitos di daerah Banyumas pada tayangan “Menyingkap Tabir Misteri” pada channel Youtube Muhammad Faizar Official. Selanjutnya data yang diperoleh diolah menggunakan metode analisis wacana pendekatan Teun A. Van Dijk yang memiliki elemen analisis teks, kognisi sosial, dan konteks sosial. Hasil penelitian ini adalah pada elemen analisis teks dalam tayangan “Menyingkap Tabir Misteri” dari tiga episode yang peneliti pilih mengandung nilai pesan dakwah yaitu terkait Aqidah. Kemudian pada elemen kognisi sosial Ustadz Muhammad Faizar merasa prihatin dengan kepercayaan bathil yang masih dipercaya oleh masyarakat. Terakhir pada elemen konteks sosial terkait tayangan “Menyingkap Tabir Misteri” mendapat tanggapan pro dan kontra di kalangan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah, Media Sosial, Analisis Wacana Teun A. Van Dijk.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.23 Materi Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Pascasarjana > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sisworo Catur Pamungkas
Date Deposited: 27 Dec 2022 06:17
Last Modified: 27 Dec 2022 06:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17249

Actions (login required)

View Item View Item