NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA TRADISI APITAN DI DUSUN SAWANGAN DESA PANINGKABAN KECAMATAN GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS

Puput, Setiyaningsih (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA TRADISI APITAN DI DUSUN SAWANGAN DESA PANINGKABAN KECAMATAN GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Puput Setiyainingsih_Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Tradisi Apitan di Dusun Sawangan Desa Paningkaban Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan sosial budaya, yaitu adanya fenomena lunturnya tradisi dan budaya dari kebiasaan masyarakat. Hal ini terjadi karena beberapa faktor, mulai dari modernisasi, globalisasi, pengaruh budaya barat, dan pengaruh agama. Saat ini, orang lebih memilih mengakses internet yang dianggap lebih modern, daripada melakukan kegiatan kebudayaan karena dianggap kuno. Beberapa kelompok keagamaan juga menafsirkan bahwa tradisi adalah hal mubah untuk dipertahankan, sehingga di daerah tertentu orang lebih memilih hidup dan beragama dengan cara individu daripada mempertahankan tradisi yang dilakukan bersama-sama. Namun, di Desa Paningkaban Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas terdapat satu tradisi yang masih dipertahankan masyarakatnya, yaitu tradisi Apitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana rangkaian prosesi tradisi Apitan dan nilai pendidikan Islam apa saja yang terkandung dalam rangkaian prosesi tersebut. Konkulsinya nanti untuk mengetahui apakah tradisi tersebut berkorelasi dengan nilai Islami dan apakah tradisi tersebut patut dilestarikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) menggunakan metode kualitatif deskriptif. Artinya, penelitian ini berupaya mendalami dan menelusuri data, kemudian data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif (kata-kata). Penelitian ini juga menggunakan pendekatan fenomenologi, artinya peneliti mengeksplorasi bagaimana orang melakukan suatu pengalaman beserta makna pengalaman bagi peneliti itu sendiri. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tradisi Apitan terdapat nilai-nilai Pendidikan Islam. Diantaranya adalah 1)nilai Akidah berupa iman kepada Allah yang tercermin dari tujuan dilaksanakannya tradisi Apitan secara umum, yaitu untuk mengungkap syukur kepada Allah SWT, 2)nilai Ibadah, tercermin dari kegiatan ziaroh kubur, membaca Yasin dan Tahlil serta memanjatkan doa untuk keselamatan bersama, 3)nilai Akhlak, yaitu akhlak kepada sesama manusia dan akhlak kepada alam. Hal itu tercermin dari gotong royong masyarakat dalam setiap prosesinya sehingga merekatkan nilai persaudaraan, dan kegiatan bersih makam yang merupakan salahsatu implementasi menjaga kebersihan lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Islam, tradisi Apitan
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.7 Islam dan Kesenian
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Puput Setiyaningsih sdr
Date Deposited: 15 Oct 2022 04:16
Last Modified: 15 Oct 2022 04:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16811

Actions (login required)

View Item View Item