Manajemen Kurikulum Pada Madrasah Wustho Karangsuci Purwokerto

A'im Matul, A'malia (2022) Manajemen Kurikulum Pada Madrasah Wustho Karangsuci Purwokerto. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
A'IM MATUL A'MALIA_Manajemen kurikulum pada Madrasah Wustho Karangsuci Purwokerto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Di sebuah lembaga pendidikan kurikulum adalah kunci yang paling utama untuk membawa pendidikan pada tujuan yang diinginkan, kurikulum menjadi pedoman untuk sebuah pendidikan agar kegiatan yang berlangsung didalam lembaga pendidikan memiliki arah tujuan yang benar dengan dibantu adanya kurikulum. Kurikulum harus dikelola dengan baik maka dari itu adanya manajemen kurikulum supaya kurikulum dapat dikelola dan diatur dengan baik oleh pelaku kegiatan manajemen kurikulum yaitu kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan yang lainnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan Manajemen Kurikulum Pada Madrasah Wustho Karangsuci Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomologi. Yang dijadikan subjek pada penelitian ini yaitu kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, guru kelas, objek penelitiannya yaitu manajemen kurikulum pada Madrasah Wustho Karangsuci. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa manajemen kurikulum di Madrasah Wustho Karangsuci Purwokerto dari mulai perencanaan yaitu persiapan mengajar, pembuatan jadwal pelajaran, dan penyusunan program-program Madrasah yang lainnya yang mana harus disesuaikan dengan jadwal kegiatan Pondok Pesantren, kemudian Pengorganisasian yaitu mengklasifikasikan tugas￾tugas guru dan anggota lainnya sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan juga mengorganisasikan mata pelajaran dan juga kegiatan baik harian, bulanan maupun tahunan dan juga tetap diselaraskan dengan kegiatan pondok pesantren. Kemudian pelaksanaan kurikulum yaitu ada pelaksanaan tingkat kelas yang dilaksanakan sepenuhnya oleh guru dan ada tingkat sekolah yang dilaksanakan oleh kepala Madrasah dan dengan dibantu oleh waka bidang kurikulum. Tahap akhir yaitu evaluasi yang dilakukan pada akhir tahun pelajaran untuk menilai kelemahan dan kelebihan yang sudah dilaksanakan selama satu tahun, dan evalusi juga bertujuan untuk memperbaiki kelemahan dan kekurangan pada pelaksanaan kurikulum di Madrasah Wustho Karangsuci dan mengevaluasi kinerja guru juga apakah kegiatan manajemen kurikulum sudah berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang diinginkan dan Madrasah Wustho selalu berusaha dan berupaya supaya kegiatan manajemen kurikulum dapat mencapai visi dan misinya. Kata Kunci : “Manajemen, Kurikulum, Madrasah Wustho”

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, kurikulum, madrasah wustho
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum
Depositing User: A'im matul a'malia sdri
Date Deposited: 15 Oct 2022 03:01
Last Modified: 15 Oct 2022 03:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16802

Actions (login required)

View Item View Item