EFEKTIVITAS STRATEGI PROMOSI MENGGUNAKAN MENDIA SOSIAL SEBAGAI USAHA MENARIK MINAT NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK PADA BPRS GUNUNG SLAMET CILACAP

Nuri Vina, Mawadah (2022) EFEKTIVITAS STRATEGI PROMOSI MENGGUNAKAN MENDIA SOSIAL SEBAGAI USAHA MENARIK MINAT NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK PADA BPRS GUNUNG SLAMET CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nuri Vina Mawadah_Efektivitas Strategi Promosi Menggunakan Media Sosial Sebagai Usaha Menarik Minat Nasabah Dalam Memilih Produk Pada BPRS Gunung Slamet Cilacap.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Gunung Slamet Cilacap merupakan salah satu BPRS yang menerapkan strategi Bauran promosi (promotional mix) yaitu Periklanan (Advertising), Promosi Penjualan (sales promosi), Publisitas (publicity) dan Penjualan Personal (sales personnel selling). Akan tetapi semenjak Pandemi Covid-19 strategi promosi tersebut tidak berjalan karena adanya social distancing sehingga BPRS Memanfaatkan Media Sosial sebagai media promosinya agar dapat menarik minat nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keefektivitasan promosi menggunakan media sosial yang dilakukan oleh BPRS. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan analisis deskriptif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan marketing dan nasabah BPRS Gunung Slamet, sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakanTriangulasi. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa dengan adanya Instagram dan Whatsapp sebagai media promosi produk BPRS Gunung Slamet Cilacap dapat membatu dalam mengenalkan produk bank syariah. Promosi yang di lakukan sudah efektif, dapat dilihat dari pertumbuhan jumlah nasabah yang terus meningkat dan komunikasi yang efektif antara karyawan dengan nasabah yang diukur menggunakan Model AISAS (Attention, Interest, Shearch, Action, Share). Berdasarkan wawancara dengan marketing dan nasabah BPRS Gunung Slamet Cilacap dapat disimpulkan promosi menggunakan media sosial berhasil menarik minat nasabah. Nasabah sering kali melihat BPRS mempromosikan menggunakan media sosial dan tertarik, mencari informasi lebih lanjut kemudian menggunakan produknya sampai akhirnya membagikan pengalamannya sebagai nasabah BPRS Gunung slamet. Selain sebagai media promosi, media sosial juga dimanfaatkan sebagai media komunikasi antara karyawan dengan nasabah aktif BPRS Gunung Slamet. Kata Kunci: Efektivitas, Strategi Promosi, Media Sosial, Menarik Minat Nasabah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Strategi Promosi, Media Sosial, Menarik Minat Nasabah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Nuri Vina Mawadah sdri
Date Deposited: 13 Oct 2022 01:40
Last Modified: 13 Oct 2022 01:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16446

Actions (login required)

View Item View Item