PENGARUH PERSEPSI RISIKO DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MENGGUNAKAN METODE PEMBAYARAN SHOPEE PAYLATER (Studi Kasus Mahasiswa UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto)

Leksani Dwi, Rahayu (2022) PENGARUH PERSEPSI RISIKO DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MENGGUNAKAN METODE PEMBAYARAN SHOPEE PAYLATER (Studi Kasus Mahasiswa UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Leksani Dwi Rahayu-Pengaruh Persepsi Risiko dan Kepuasan Pelanggan Terhada[p Keputusan Pembelian Menggunakan Metode Pembayaran Shopee Paylater (Studi Kasus Mahasiswa UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Latar belakang pada penelitian ini tentang metode pembayaran kekinian yang konsepnya adalah ‘Beli sekarang bayar nanti’. Banyak masyarakat yang dituntut untuk memenuhi kebutuhan ekonominya karena kondisi keuangan yang tidak stabil. Adanya sistem pembayaran paylater ini dapat membantu masyarakat dalam berbelanja, namun ada kekurangan dalam menggunakan sistem pembayaran paylater. Diantaranya yaitu mengenai pengaruh persepsi risiko dan kepuasan pelanggan terhadap keputusan pembelian menggunakan metode pembayaran paylater. Adanya persepsi risiko yaitu denda jika telat membayar, dan kepuasan pelanggan yang mempengaruhi pelanggan dalam menggunakan produk atau jasa kembali. Jenis metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti merupakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nonprobability sampling. Jenis teknik sampling dari nonprobability pada penelitian ini yaitu sampling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik. Hasil pengujian menunjukan bahwa: 1) Hasil perhitungan statistik uji simultan, maka dapat disimpulkan persepsi risiko dan kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap keputusan pembelian menggunakan metode pembayaran shopee paylater. 2) Hasil perhitungan statistik uji parsial, maka dapat disimpulkan bahwa harga tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian menggunakan metode pembayaran shopee paylater. 3) Hasil perhitungan statistik uji parsial, maka dapat disimpulkan bahwa persepsi risiko berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian menggunakan metode pembayaran shopee paylater. Saran terkait variabel persepsi risiko disarankan penjual online di aplikasi Shopee untuk meminimalisir terjadinya kerugian bagi pembeli dan untuk variabel kepuasan pelanggan apabila dengan menggunakan metode pembayaran shopee paylater dapat meningkatkan pelayanannya agar sesuai dengan harapan pelanggan. Kata Kunci: Persepsi Risiko, Kepuasan Pelanggan dan Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Persepsi Risiko, Kepuasan Pelanggan dan Keputusan Pembelian.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Leksani Dwi Rahayu sdri
Date Deposited: 13 Oct 2022 01:45
Last Modified: 13 Oct 2022 01:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16445

Actions (login required)

View Item View Item