ANALISIS PERAN AUDIT INTERNAL DALAM MEMINIMALISIR RISIKO PADA BANK MUAMALAT KCU PURWOKERTO

CLARRA ROSALIA, AGUSTIN (2022) ANALISIS PERAN AUDIT INTERNAL DALAM MEMINIMALISIR RISIKO PADA BANK MUAMALAT KCU PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
CLARRA ROSALIA AGUSTIN_ANALISIS PERAN AUDIT INTERNAL DALAM MEMINIMALISIR RISIKO PADA BANK MUAMALAT INDONESIA KCU PURWOKERTO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rentannya risiko pada kegiatan bisnis perbankan menuntut bank harus memiliki pengawasan untuk memastikan bahwa operasional bank teah dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku (auditing) sekaligus memitigasi dan meminimalisasi risiko yang telah terjadi dan akan terjadi sehingga mengambil langkah preventif. Tindak lanjut bank dalam menelusuri, menilai dan mengevaluasi risiko harus dengan menerapkan fungsi pengawasan yang bersifat menyeluruh (multi layers control). Audit internal memiliki fungsi penilaian yang independen dalam organisasi untuk mengui dan mengevaluasi kegiatan yang dilaksanakan perusahaan (auditing). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mekanisme peran audit internal serta peran audit internal dalam meminimalisir risiko pada Bank Muamalat Indonesia KCU Purwokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, hasil penelitian dideskripsikan dalam bentuk kata-kata atau kalimat yang mengarah pada tujuan dari penelitian tersebut. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data dan virifikasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa mekanisme peran audit internal dalam meminimalisir risiko sudah berjalan dengan baik. dengan adanya manajemen risiko dan pengendalian internal yang efektif peran auditor internal mampu meminimalisir risiko. Sedangkan pada peran audit internal terhadap manajemen risiko Bank Muamalat Indonesia KCU Purwokerto sudah sesuai dengan perencanaan audit dan pelaporannya telah melakukan sesuai dengan Standar Pelaksanaan Fungsi Audit Internal Bank (SPFAIB) yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia. Hal ini dilihat dari pencapaian penurunan tingkat NPF Bank Muamalat pada tahun 2019 yaitu sebesar 5,22%, 2020 sebesar 4,81% dan pada tahun 2021 sebesar 0,67%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Audit Internal, Manajemen Risiko
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Clarra Rosalia Agustin sdri
Date Deposited: 13 Oct 2022 01:37
Last Modified: 23 Jun 2023 06:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16443

Actions (login required)

View Item View Item