IMPLEMENTASI PEDNEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MAHARATUL KALAM

METI, Muji Pangestika (2022) IMPLEMENTASI PEDNEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MAHARATUL KALAM. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Meti Muji Pangestika _Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Maharatul Kalam.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

‎ Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan ‎saintifik atau pendekatan berbasis proses keilmuan. Pendekatan saintifik ‎dapat menggunakan beberapa strategi seperti pembelajaran kontekstual. Di ‎MA Ma’arif NU Cilongok khususnya kelas X IPS Pembelajaran bahasa ‎Arab kurang diminati dan dianggap lumayan sulit oleh sebagian siswa. Hal ‎tersebut dikarenakan asal sekolah rata-rata bukan dari jenjang madrasah . ‎dalam proses pembelajaran diajarkan agar peserta didik mencari tahu dari ‎berbagai sumber melalui mengamati, menanya, mencoba, mengolah, ‎menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta untuk semua mata pelajaran). ‎Oleh karena itu, guru bahasa arab MA Ma’arif NU Cilongok menggunakan ‎pendekatan saintifik dalam pembelajaran bahasa Arab pada pembelajaran ‎maharah Al kalam atau keterampilan berbicara. ‎ Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan ‎mendeskripsikan bagaimana hasil dari implementasi Pendekatan Saintifik ‎Dalam Pembelajaran Maharah Al Kalam di MA Ma’arif NU Cilongok. ‎Penelitian ini menggunakan metode lapangan yang bersifat deskriptif ‎kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode ‎observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunkan ‎metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.‎ Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Maharatul ‎Kalam di MA Ma’arif NU Cilongok didilaksanakan sesuai dengan ‎persiapan dan rencana yang telah dibuat, yaitu pembelajaran Maharah Al ‎Kalam dengan Pendekatan Saintifik yang tetap mengutamakan strategi ‎dan metode pembelajaran bahasa pada umumnya. Hasil yang didapat Pada ‎pelaksanaan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Maharah ‎Al Kalam, peserta didik merasa lebih mudah dalam memahami materi ‎pembelajaran dengan kegiatan pembelajaran. Implementasi Pendekatan ‎Saintifik dalam pembelajaran Maharah Al Kalam berorientasi pada proses ‎pembelajaran, dimana peserta didik lebih antusias mengikuti proses ‎pembelajaran dan lebih memahami ketika proses pembelajaran. Penerapan ‎Pendekatan Saintifik juga dapat membantu guru dalam menciptakan ‎pembelajaran yang aktif. Sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran ‎sesuai dengan harapan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Maharatul Kalam ‎
Subjects: 400 Language > 401 Philosophy and theory
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.72 Tata Bahasa Arab > 492.727 Pendidikan Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Meti Muji Pangestika
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:56
Last Modified: 11 Oct 2022 02:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16196

Actions (login required)

View Item View Item