METI, Muji Pangestika (2022) IMPLEMENTASI PEDNEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MAHARATUL KALAM. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.
|
Text
Meti Muji Pangestika _Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Maharatul Kalam.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan berbasis proses keilmuan. Pendekatan saintifik dapat menggunakan beberapa strategi seperti pembelajaran kontekstual. Di MA Ma’arif NU Cilongok khususnya kelas X IPS Pembelajaran bahasa Arab kurang diminati dan dianggap lumayan sulit oleh sebagian siswa. Hal tersebut dikarenakan asal sekolah rata-rata bukan dari jenjang madrasah . dalam proses pembelajaran diajarkan agar peserta didik mencari tahu dari berbagai sumber melalui mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta untuk semua mata pelajaran). Oleh karena itu, guru bahasa arab MA Ma’arif NU Cilongok menggunakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran bahasa Arab pada pembelajaran maharah Al kalam atau keterampilan berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana hasil dari implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Maharah Al Kalam di MA Ma’arif NU Cilongok. Penelitian ini menggunakan metode lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunkan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Maharatul Kalam di MA Ma’arif NU Cilongok didilaksanakan sesuai dengan persiapan dan rencana yang telah dibuat, yaitu pembelajaran Maharah Al Kalam dengan Pendekatan Saintifik yang tetap mengutamakan strategi dan metode pembelajaran bahasa pada umumnya. Hasil yang didapat Pada pelaksanaan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Maharah Al Kalam, peserta didik merasa lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran dengan kegiatan pembelajaran. Implementasi Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran Maharah Al Kalam berorientasi pada proses pembelajaran, dimana peserta didik lebih antusias mengikuti proses pembelajaran dan lebih memahami ketika proses pembelajaran. Penerapan Pendekatan Saintifik juga dapat membantu guru dalam menciptakan pembelajaran yang aktif. Sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan harapan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Saintifik, Maharatul Kalam |
Subjects: | 400 Language > 401 Philosophy and theory 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.72 Tata Bahasa Arab > 492.727 Pendidikan Tata Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Meti Muji Pangestika |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 02:56 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 02:56 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16196 |
Actions (login required)
View Item |