NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KESENIAN TRADISIONAL RODAT DI DESA TIPARKIDUL KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Lilis, Nur Saidah (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KESENIAN TRADISIONAL RODAT DI DESA TIPARKIDUL KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_BabI_BabV_DaftarPustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LilisNurSaidah_Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Kesenian Tradisional Rodat di Desa Tiparkidul Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Islam tentu tidak terlepas dengan pendidikan individu maupun pendidikan masyarakat yang berisi tentang sikap dan perilaku yang sesuai petunjuk ajaran Islam yang di dalamnya tentu mengandung nilai-milai pendidikan Islam. Nilai-nilai pendidikan Islam dapat terkandung dalam hal apa saja, sama halnya pada suatu kesenian tradisional yang selain mengandung nilai seni juga terdapat nilai-nilai pendidikan Islam. Pada perkembangan zaman yang sangat pesat dengan adanya kemajuan teknologi dapat membawa dampak yang besar untuk para generasi penerus saat ini yang dapat membuat pergeseran norma-norma adat maupun agama yang berada di masyarakat. Maka dari itu dibentuk Grup Rodat Tiparkidul sebagai wadah untuk memperkenalkan budaya lokal kesenian tradisional rodat dan generasi penerus untuk tetap melestarikan peninggalan nenek moyang atau para leluhur beriiringan dengan perkembangan zaman yang semakin maju. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kesenian tradisional rodat Grup Rodat Tiparkidul, menganalisis dan menjelaskan nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam kesenian tradisional rodat di Desa Tiparkidul Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil tempat penelitian di Grup Rodat Tiparkidul yang berada di Dusun Janggawana Desa Tiparkidul Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi digunakan untuk pengumpulan data. Hasil penelitian tentang Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Kesenian Tradisional Rodat di Desa Tiparkidul Kecamatan Ajibarag Kabupaten Banyumas, yaitu: 1) kesenian tradisional rodat adalah kesenian yang bernuansa Islami yang diiringi dengan seni musik, atraksi-atraksi bela diri, lantunan syair sholawat yang diambil dari kitab Al Barzanji dan syair-syair Jawa yang pemainnya 20-30 orang. 2) Dalam kesenian tradisional rodat terdapat nilai-nilai pendidikan Islam diantaranya yaitu nilai aqidah, nilai ibadah, nilai akhlak, dan nilai sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Kesenian Tradisional Rodat, Grup Rodat Tiparkidul
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.7 Islam dan Kesenian
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lilis Nur Saidah sdri
Date Deposited: 10 Oct 2022 01:30
Last Modified: 10 Oct 2022 01:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16101

Actions (login required)

View Item View Item