Penerapan Pembelajaran Al-Qur'an Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Ummmi Di KB Islam Al-Izzah Purwokerto

Siti, Ma'rifah (2022) Penerapan Pembelajaran Al-Qur'an Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Ummmi Di KB Islam Al-Izzah Purwokerto. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
BISMILLAH REVISI TERAKHIR.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Diera globalisasi sekarang ini kemampuan membaca merupakan hal yang terpenting bagi kehidupan manusia. Tuntutan bagi setiap orang agar mampu membaca, terutama bagi umat Islam pada saat membaca Al-Qur’an. Pembelajaran Al-Qur’an adalah keharusan yang wajib dikerjakan dan terus ditingkatkan bagi setiap umat Islam, karena terikat langsung dengan ibadah seperti shalat, doa, dan ibadah lainnya. Pada proses mempelajari Al-Qur’an dibutuhkan sebuah metode. Karena metode memilki fungsi yang penting dalam usaha mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran Al-Qur’an pada anak usia dini melalui metode ummi adalah upaya yang dilakukan oleh guru untuk membuat siswa mempelajari Al-Qur’an, dengan membaca, menulis, dan memahami ilmu tajwid atau hukum bacaan yang ada pada ayat Al-Qur’an dengan menggunakan bahasa Ibu yaitu caranya langsung dibaca tanpa dieja dan mengulang-ulang kata atau kalimat. Jenis penelitian skripsi ini menggunakan pendekatan deskriptif yang dalam mengumpulkan datanya dilakukan secara langsung dari lokasi penelitian. Dengan mengambil lokasi di KB Islam Al-Izzah Purwokerto Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data dengan menggali sumber data yaitu Kepala sekolah, guru pembelajaran Al-Qur’an, guru metode ummi, dan pengamatan dari pembelajaran Al-Qur’an pada anak usia dini melalui metode ummi. Objek penelitian ini di KB Islam Al-Izzah Purwokerto Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas. Hasil penelitian ini yaitu pembelajaran Al-Qur’an pada anak usia dini di KB Islam Al-Izzah Purwokerto dilakukan setiap hari senin sampai kamis, kegiatan belajar dan mengajar berlangsung dalam waktu 60 menit. Pembagian waktu masuk pembelajaran masing-masing ada 7 tahapan pembelajaran, yaitu: 5 menit pertama untuk pembukaan, 10 menit apersepsi atau mengulang pembelajaran, 10 menit untuk penanaman konsep dan pemahaman konsep, 30 menit untuk latihan atau ketrampilan, evaluasi dan penutup. Materi pembelajaran metode ummi untuk anak usia dini yaitu pada buku ummi jilid 1-4. Adapun media yang digunakan pada pembelajaran Al-Qur’an metode ummi yaitu alat peraga, buku ummi, dan buku prestasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Al-Qur’an, Anak Usia Dini, Metode Ummi
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.19 Ilmu Al Qur'an Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Ma'rifah sdri
Date Deposited: 07 Oct 2022 06:48
Last Modified: 07 Oct 2022 06:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16069

Actions (login required)

View Item View Item