STUDI KORELASI KECERDASAN VERBAL-LINGUISTIK DENGAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN SKI DI MTS MA'ARIF 01 SOKARAJA BANYUMAS

Devi, Herdianti (2022) STUDI KORELASI KECERDASAN VERBAL-LINGUISTIK DENGAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN SKI DI MTS MA'ARIF 01 SOKARAJA BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DEVI HERDIANTI-STUDI KORELASI KECERDASAN VERBAL-LINGUISTIK DENGAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN SKI DI MTS MA'ARIF 1 SOKARAJA (3).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Studi Korelasi Kecerdasan Verbal-Linguistik Dengan Pemahaman Mata Pelajaran SKI Di MTs Ma’arif 01 Sokaraja Banyumas”. Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih banyak siswa yang belum mengoptimalkan kecerdasan verbal-linguistik khususnya pada mata pelajaran SKI berlangsung. Hal ini terbukti ketika guru memaparkan materi Sejarah Kebudayaan Islam, sebagian siswa belum mampu berbicara (mengkomunikasikan/bercerita) ketika guru meminta untuk mengulas kembali materi yang dijelaskan. Kurangnya pengoptimalan kecerdasan verbal-linguistik yang baik terlebih pada saat mata pelajaran SKI berlangsung ternyata mampu memengaruhi pemahaman belajar siswa dalam materi SKI menjadi rendah dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi product moment. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Ma’arif 01 Sokaraja yang berjumlah 146 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 26 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purpose sampling, yakni 18% dari jumlah populasi karena siswa relative bersifat homogen dilihat dari nilai harian guru SKI. Untuk pengumpulan data yaitu menggunakan instrumen angket dan instrumen tes. Instrumen angket digunakan untuk mengukur variabel kecerdasan verbal linguistic siswa. Sedangkan instrumenn tes digunakan untuk mengukur variabel pemahaman mata pelajaran SKI siswa. Adapun hasil uji dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat korelasi yang signifikan antara kecerdasan verbal-linguistik dengan pemahaman belajar siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 1 Sokaraja pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Ada korelasi, hanya saja level korelasinya tersebut berada pada tingkat korelasi yang rendah, yaitu sebesar (0,2463).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Verbal-Linguistik, Pemahaman Belajar
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
000 Generalities > 080 General collections
100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: DEVI HERDIANTI sdr
Date Deposited: 07 Oct 2022 07:22
Last Modified: 07 Oct 2022 07:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16063

Actions (login required)

View Item View Item