TINGKAT KETERGANTUNGAN MAHASISWA UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO TERHADAP CYBERRELIGION CONTENT DI MEDIA SOSIAL

Risa Nur, Azizah Hanum (2022) TINGKAT KETERGANTUNGAN MAHASISWA UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO TERHADAP CYBERRELIGION CONTENT DI MEDIA SOSIAL. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
RISA NUR AZIZAH HANUM_Tingkat KetergantunganMahasiswa UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menganalisa tingkat dan dampak dari ketergantungan mahasiswa terhadap media sosial sebagai sumber informasi keagamaan. Peneliti mencoba menganalisis fenomena sosial cyberreligion sebuah praktik keagamaan yang berlangsung di dunia maya menggunakan teori efek media massa Teori MSD (Media System Dependency). Berfokus pada konten-konten keagamaan yang beredar di media sosial. Maraknya situs-situs atau portal tentang cyberreligion content menandakan adanya fenomena cyberreligion terjadi. Internet dianggap sebagai satu-satunya alat yang digunakan dalam pemenuhan kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa tinggi tingkat ketergantungan mahasiswa UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik yang digunakan adalah dengan penyebaran kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisa yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana, uji normalitas, uji linearitas, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dihasilkan dari kuesioner yang disebar melalui Google Form dan secara langsung dengan jumlah sampel yang telah ditentukan menggunakan rumus Isaac dan Michael sebanyak 370 responden. Pengolahan data dalam penelitian menggunakan SPSS For Windows Versi 24. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat diperoleh hasil nilai t hitung > t tabel 7,946 > 1,966, hasil pengujian hipotesis dengan t-test membuktikan bahwa ada pengaruh positif dari tingkat ketergantungan mahasiswa UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto terhadap cyberreligion content di media sosial dengan R Square sebesar 0,492 > 0,5. Yang memiliki pengertian ada pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dengan nilai sebesar 49,2%. Hasil uji hipotesis juga menunjukkan kesimpulan H1 diterima. Kata Kunci: Tingkat Ketergantungan, Cyberreligion, Media Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Ketergantungan, Cyberreligion, Media Sosial.
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions
2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Risa Hanum sdri
Date Deposited: 10 Oct 2022 06:34
Last Modified: 10 Oct 2022 06:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16024

Actions (login required)

View Item View Item