KREATIVITAS GURU DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN FIKIH DI MTs MA’ARIF NU 04 TAMANSARI, KARANGMONCOL, PURBALINGGA

Nur Riskiyani, Rahmatika (2022) KREATIVITAS GURU DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN FIKIH DI MTs MA’ARIF NU 04 TAMANSARI, KARANGMONCOL, PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover-Bab I-Bab V- Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Nur Riskiyani-Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Potensi Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Fikih di MTs Ma'arif NU 04 Tamansari_compressed.pdf

Download (805kB) | Preview

Abstract

Kreativitas guru dalam proses pembelajaran memiliki peran penting agar pembelajaran yang disampaikan dapat disajikan dengan menarik sehingga menimbulkan suasana belajar yang efektif dan menyenangkan serta menghilangkan kejenuhan belajar peserta didik untuk dapat mengembangkan potensi kognitif siswanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Potensi Kognitif Siswa pada Pembelajaran Fikih di MTs Ma’arif NU 04 Tamansari. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah Ibu Etik Rokhmaniati selaku guru fikih MTs Ma’arif NU 04 Tamansari. Kemudian analisis data menggunakan model Milles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kreativitas guru dalam mengembangkan potensi kognitif siswa dilakukan dengan 3 cara yaitu melakukan persiapan/ perencanaan pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi. Pada tahap persiapan/perencanaan guru melakukan persiapan perangkat pembelajaran, menentukan tujuan pembelajaran, memilih bahan ajar dan sumber belajar, memilih strategi pembelajaran, memilih metode pembelajaran, memilih media pembelajaran dan melakukan penilaian. Pada tahap pelaksanaan proses pembelajaran fikih guru melakukan motivasi dan dorongan belajar, melakukan setting kelas yang kondusif, penekanan pada proses pembelajaran, penerapan persepsi dan pemahaman, melaksanakan pembelajaran aktif dan berfikir kompleks. Tahap terakhir guru melakukan evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru, Pengembangan Kognitif Siswa
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Rizkiyani Rahmatika sdri
Date Deposited: 06 Oct 2022 06:44
Last Modified: 06 Oct 2022 06:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16006

Actions (login required)

View Item View Item