PEMBELAJARAN TAHFIZ AL-QUR'AN MENGGUNAKAN METODE WAFA DI TK IT CITA MULIA AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Anisa Nurul, Hidayah (2022) PEMBELAJARAN TAHFIZ AL-QUR'AN MENGGUNAKAN METODE WAFA DI TK IT CITA MULIA AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ANISA NURUL HIDAYAH_PEMBELAJARAN TAHFIZ AL-QUR'AN MENGGUNAKAN METODE WAFA DI TK IT CITA MULIA AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berbagai pendidikan formal maupun non formal menyelenggarakan pembelajaran tahfiz Al-Qur’an untuk anak usia dini. Pembelajaran tahfiz Al-Qur’an pada anak usia dini harus disesuaikan dengan perkembangannya. Oleh karena itu, guru harus dapat memilih metode yang tepat. Salah satu metode dalam belajar menghafal Al-Qur’an ialah metode Wafa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tahfiz Al-Qur’an menggunakan metode Wafa, kelebihan metode Wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an, dan kemampuan menghafal Al-Qur’an menggunakan metode Wafa di TK IT Cita Mulia Ajibarang Kabupaten Banyumas. Penelitian ini termasuk jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas kelompok B, peserta didik kelompok B, dan kepala sekolah. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data diantaranya: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang penulis gunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tahfiz menggunakan metode Wafa di TK IT Cita Mulia Ajibarang Kabupaten Banyumas dilaksanakan melalui tiga tahapan. Pertama, perencanaan pembelajaran tahfiz diawali dengan membuat kurikulum tahfiz Al-Qur’an yang mencakup materi hafalan selama satu tahun. Kedua, pelaksanaan pembelajaran tahfiz menggunakan metode Wafa dengan tahap 5P yaitu Pembukaan, Pengalaman, Pengajaran, Penilaian, dan Penutupan. Ketiga, evaluasi pembelajaran tahfiz menggunakan metode Wafa yaitu evaluasi harian dan evaluasi semester dengan jenis penilaiannya adalah lisan. Kelebihan metode Wafa dalam pembelajaran Al-Qur'an adalah menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh anak dan menghafal Al-Qur’an menggunakan lagu. Kemampuan menghafal Al-Qur’an menggunakan metode Wafa, dalam melafalkan ayat sudah sesuai tajwid dan anak mampu menghafal surah yang telah ditargetkan oleh guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Tahfiz Al-Qur’an, Metode Wafa
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.2 Al Qur'an dan Terjemah
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.7 Musabaqoh Tilawatil Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Anisa Nurul Hidayah
Date Deposited: 29 Sep 2022 02:38
Last Modified: 29 Sep 2022 02:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15884

Actions (login required)

View Item View Item