NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU CATATAN DARI TARIM KARYA ISMAEL AMIN KHOLIL DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENEGEAH ATAS (SMA)

Asfiatun, Khasanah (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU CATATAN DARI TARIM KARYA ISMAEL AMIN KHOLIL DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENEGEAH ATAS (SMA). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Asfiatun Khasanah_Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Catatan Dari Tarim Karya Ismael Amin Kholil dan Relevansinya terhadap Pembelajaran PAI di SMA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Suatu bangsa dianggap berhasil dalam mencapai tujuannya bukan hanya dalam bentuk kekayaan atau melimpahnya sumber daya alam, akan tetapi keberhasilan suatu bangsa sangat ditentukan oleh sumber daya manusia yang berkualitas. Manusia yang berkualitas bisa terlihat dari karakter yang dimilikinya. Melalui pendidikan karakter, diharapkan bisa mengubah atau membangun sikap agar menjadi lebih baik. Nilai pendidikan karakter salah satunya bisa kita dapatkan didalam buku. Sebagaimana contoh nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku Catatan Dari Tarim karya Ismael Amin Kholil dan relevansinya terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menggali nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku Catatan Dari Tarim dan relevansinya dengan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA. Dengan menggunakan teori hermeneutika dan digunakan untuk menganalisis setiap nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam buku Catatan Dari Tarim dan relevansinya dengan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA. Pendekatan yang digunakan merupakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitiannya termasuk dalam penelitian library research. Peneliti menjadikan buku Catatan Dari Tarim karya Ismael Amin Kholil sebagai objek penelitiannya. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan metode dokumentasi. Dokumentasi pada penelitian ini adalah dengan mengumpulkan data-data terkait yang berupa tulisan yang relevan dengan fokus penelitian. Selanjutnya metode analisis kualitatif dengan menggunakan analisis isi (content analysis). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, ditemukan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam buku Catatan Dari Tarim, diantaranya yaitu nilai religius, nilai toleransi, nilai cinta damai, nilai demokratis, nilai peduli sosial, dan nilai kerja keras. Adapun relevansinya dengan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA dapat ditemukan sebagaimana yang terdapat dalam ruang lingkup pembelajaran pendidikan agama Islam tingkat SMA, Tafsir Hadits, Akhlak, serta Tarikh dan sejarah kebudayaan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai pendidikan karakter, Buku Catatan Dari Tarim, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asfiatun Khasanah sdri
Date Deposited: 27 Sep 2022 03:23
Last Modified: 27 Sep 2022 03:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15868

Actions (login required)

View Item View Item