PROFIL GURU PAI KREATIF INOVATIF DI SMP AL-IRSYAD AL ISLAMIYAH PURWOKERTO

MIZANA, NUR IKROMI (2022) PROFIL GURU PAI KREATIF INOVATIF DI SMP AL-IRSYAD AL ISLAMIYAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MIZANA NUR IKROMI 1817402112.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran PAI yang kreatif dan inovatif di SMP Al-Irsyad Al-Islamiyah Purwokerto. Adapun penelitian ini dilatar belakangi oleh kreatifitas seorang guru PAI dalam pengajarannya dengan menggunakan metode serta media pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga akan membuat proses pembelajaran akan lebih menarik dan menyenangkan sehingga siswa mudah tertarik dengan materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Lokasi yang diteliti adalah SMP Al-Irsyad Al-Islamiyah Purwokerto. Dengan subjek penelitian meliputi Guru PAI dan seorang Siswa. Hasil penelitian tentang profil guru PAI kreatif dan inovatif di SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah, yaitu: 1) Guru PAI mengutamakan menguasai materi pembelajaran secara mendalam sebelum mengajar. 2) Guru PAI mampu menciptakan ide baru dalam pengajarannya dengan menggunakan metode pembelajaran serta membuat media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. 3) Guru PAI menguasai ilmu teknologi dan ingin terus belajar sehingga mampu memperbaharui pengajarannya dan dapat mengikuti perkembangan zaman dan Guru PAI bisa membuat media pembelajaran audio visual. 4) Guru PAI mengajar dengan cara menyenangkan yaitu dengan melakukan pembelajaran diluar ruangan dan di tempat rekreasi sehingga pembelajaran yang menyenangakan dapat memotivasi dan menarik perhatian siswa. 5) Guru PAI mengajar dengan menggabungkan teori dan praktik sesuai dengan materi PAI yang diajarkan. 6) Guru PAI mempunyai wawasan luas yaitu mengajar dengan menyampaikan materi yang belum ada di dalam buku atau bahan ajar lainnya karena materi dalam buku sangat terbatas isinya. 7) Guru PAI mampu berfikir inovatif dalam pengajarannya yaitu dengan menyajikan media pembelajaran interaktif untuk membantu siswa dalam meningkatkan eksplorasi serta pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan oleh Guru PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Profil guru PAI, Kreatif, Inovatif
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mizana Nur Ikromi
Date Deposited: 23 Sep 2022 01:18
Last Modified: 23 Sep 2022 01:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15745

Actions (login required)

View Item View Item