ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS PEDAGANG PASAR TRADISIONAL DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PEDAGANG SEMBAKO PASAR PAHING KARANGLEWAS)

KENNY, SAVITRI (2022) ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS PEDAGANG PASAR TRADISIONAL DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PEDAGANG SEMBAKO PASAR PAHING KARANGLEWAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
KENNY SAVITRI_ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS PEDAGANG PASAR TRADISIONAL DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PEDAGANG SEMBAKO PASAR PAHING KARANGLEWAS).pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pasar Pahing Karanglewas merupakan sebuah pasar tradisional yang masih beroperasi hingga saat ini. Etika bisnis dalam kegiatan berdagang sangatlah penting agar tidak melakukan tindakan yang menyimpang dari ajaran Islam. Mayoritas pedagang di Pasar Pahing Karanglewas yaitu pedagang sembako. Dalam dunia bisnis persaingan antar sesama pedagang sembako dalam mempertahankan loyalitas pelanggan merupakan hal yang wajar jika memandang positif pesaing bisnis bukan sebagai ancaman melainkan sebagai motivasi untuk lebih maju. Memandang positif pesaing bisnis merupakan salah satu dari prinsip etika bisnis Islam. Penelitian ini menjawab pertanyaan bagaimana penerapan etika bisnis pedagang sembako di Pasar Pahing Karanglewas dalam mempertahankan loyalitas pelanggan perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan mendatangi langsung Pasar Pahing Karanglewas dan mengamati penerapan etika bisnis pedagang sembako. Kemudian dilakukan wawancara dengan pedagang sembako dan pelanggan pedagang sembako tersebut. Selanjutnya dokumnetasi yaitu dengan mengumpulkan foto-foto aktivitas pedagang sembako, struktur organisasi Pasar Pahing Karanglewas dan data-data terkait penelitian. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data Milles & Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pedagang sembako di Pasar Pahing Karanglewas sudah menerapkan etika bisnis yang sejalan dengan prinsip etika bisnis Islam yaitu: 1) prinsip amanah/jujur mengenai takaran/timbangan, 2) tidak merugikan orang lain mengenai kualitas produk yang diperdagangkan, 3) keseimbangan pembagian keuntungan mengenai harga produk, 4) keadilan dalam berbisnis mengenai penepatan janji dengan pembeli ataupun pelanggan dan pelayanan yang baik kepada pembeli ataupun pelanggan serta 5) memandang positif pesaing bisnis mengenai persaingan antar pedagang sembako meskipun ada salah satu pedagang sembako yang belum memandang positif pesaing bisnis masih merasa takut akan tersaingi dengan pedagang sembako yang lain. Adapun setelah diterapkannya etika bisnis oleh pedagang sembako yang sejalan dengan prinsip Islam maka muncul loyalitas pada pelanggan pedagang sembako Pasarvii Pahing Karanglewas yaitu dengan memutuskan membeli pada pedagang sembako, pelanggan melakukan pembelian ulang dan merekomendasikan pedagang sembako kepada orang lain., walaupun ada salah satu pelanggan pedagang sembako yang belum merekomendasikan kepada orang lain. Jadi bisa ditegaskan bahwa etika bisnis yang diterapkan oleh pedagang sembako telah mampu dalam mempertahankan loyalitas pelanggan di Pasar Pahing Karanglewas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Etika Bisnis, Etika Bisnis Islam, Loyalitas Pelanggan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Kenny Savitri sdri
Date Deposited: 13 Sep 2022 01:59
Last Modified: 13 Sep 2022 01:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15698

Actions (login required)

View Item View Item