KEPEMIMPINAN PROFETIK KEPALA MADRASAH DI MTs SYAMSUL HUDA KEDUNGREJA DAN MTs NURUL AMIN AL HIDAYAH SIDAREJA CILACAP

MUHAMMAD, FAISHAL DANIAL (2022) KEPEMIMPINAN PROFETIK KEPALA MADRASAH DI MTs SYAMSUL HUDA KEDUNGREJA DAN MTs NURUL AMIN AL HIDAYAH SIDAREJA CILACAP. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD FAISHAL DANIAL_KEPEMIMPINAN PROFETIK KEPALA MADRASAH_compressed.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian ini mengungkapkan kepemimpinan profetik kepala madrasah sebagai pemimpin suatu organisasi sekaligus sebagai sebuah kepemimpinan ideal yang dinisbatkan kepada nabi, yang memiliki tiga pilar yaitu Transendensi, Liberasi dan Humanisasi sebagai tindakan nyata dari nilai - nilai profetik. Penelitian yang penulis lakukan di lapangan, menemukan bahwa ada corak yang berbeda dalam implementasinya. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan sudut pandang terhadap kepemimpinan profetik dan karakteristik kepala madrasah yang juga dipengaruhi oleh Latar belakang pendidikan. Kepala Madrasah Tsanawiyah Syamsul Huda Kedungreja dan Kepala Madrasah Tsanawiyah Nurul Amin Al Hidayah Sidareja memiliki kepemimpinan profetik berupa keyakinan tinggi kepada Tuhan, bekerja dengan profesional dan mampu bekerjasama anggota dengan baik. Yang membedakan adalah gaya berkomunikasi dan pendekatan kepada anggota.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan profetik, Kepala madrasah, dan Madrasah
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history > 297.61 Islamic leaders
200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history > 297.63 Muhammad the Prophet
900 Geography and history > 906 Organizations and management
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhammad Faishal Danial sdr
Date Deposited: 19 Aug 2022 02:09
Last Modified: 19 Aug 2022 02:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15585

Actions (login required)

View Item View Item