KONSEP DIRI REMAJA PUTRA OBESITAS DI DESA SINGASARI KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS

Nosi, Nur Fadilah (2022) KONSEP DIRI REMAJA PUTRA OBESITAS DI DESA SINGASARI KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi_NOSI NUR FADILAH_1717101074.full.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pertemuan dengan salah satu remaja putra yang mengalami obesitas membuat peneliti mengetahui bahwasanya fenomena kegemukan pada remaja putra adalah salah satu hal yang dipermasalahkan. Karena dengan terjadinya kegemukan akan menurunkan tingkat percaya diri dan juga timbulnya kecemasan-kecemasan lain seperti yang dialami oleh IR adalah sulitnya mendapat pekerjaan. Sehingga dibutuhkan suatu sikap untuk mengarahkan bagaimana seseorang harus bersikap terhadap dirinya sendiri yaitu dengan konsep diri. Konsep diri seseorang tergambarkan dalam hal-hal yang berkaitan dengan individu tersebut. Pandangan terhadap diri sendiri, hasil evaluasi diri, serta harapan terhadap diri sendiri membentuk konsep diri individu. Pemahaman terhadap konsep diri dari sudut pandang psikologi akan membantu untuk membentuk konsep diri dari sudut pandang psikologi akan membantu untuk membentuk konsep diri yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep diri remaja putra obesitas dalam menyikapi dirinya. Adapun hal-hal yang akan peneliti teliti adalah mengenai komponen konsep diri, proses perkembangan dan faktor yang mempengaruhi konsep diri dan yang terakhir adalah penggolongan konsep diri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 subyek yaitu AM, IR, dan FK adalah rwmaja putra dengan kondisi obesitas yang dihitung dengan menggunakan rumus IMT (Indeks Masa Tubuh). Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep diri remaja diketahui ada 2 subyek yang sesuai dengan komponen konsep diri, proses perkembangan dan faktor yang mempengaruhi, dan golongan konsep diri yaitu ditunjukan dengan sikap mampu menerima segala kekurangan dan kelebihan yang ada ditubuhnya yaitu dengan menunjukan sikap percaya diri dan mampu beradaptasi, berinteraksi, dan berkomunikasi dengan orang baru. Mampu mengenali dirinya tidak mudah tersinggung dengan ucapan orang lain, mampu berkomunikasi dengan keluarganya dan mampu bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain. Dan 1 subyek yang tidak sesuai dengan komponen konsep diri, proses perkembangan dan faktor yang mempengaruhi, dan golongan konsep diri. Yang ditunjukkan dengan sikap tidak bisa memahami kondisi dirinya saat ini dengan menunjukan sikap tidak percaya diri dan mudah tersinggung dengan omongan orang lain mengenai kondisi fisiknya, tidak terbiasa berkomunikasi dengan keluarga di rumah dan merasa tidak mampu berinteraksi dengan orang baru. Kata kunci :Konsep Diri, Obesitas, Remaja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Obesitas, Remaja
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services > 362.7 Problem and Service to Young People (Anak dan Remaja)
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nosi Nur Fadilah
Date Deposited: 09 Aug 2022 01:35
Last Modified: 09 Aug 2022 01:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15332

Actions (login required)

View Item View Item