STRATEGI COPING PENYINTAS COVID-19 DALAM MENGEMBANGKAN KONSEP DIRI(Studi Kasus pada Mahasiswa UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto)

Silfia Putri, Widiya Sari (2022) STRATEGI COPING PENYINTAS COVID-19 DALAM MENGEMBANGKAN KONSEP DIRI(Studi Kasus pada Mahasiswa UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
silfia putri-1817101040-skripsi finish.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Ketidak seimbangan psikologis memunculkan stigma dalam bentuk perilaku sosial salah satunya yaitu pasien yang sudah pulih dari Covid-19 dikucilkan sebab masyarakat khawatir masih bisa menularkan virus. Stigma buruk tersebut pastinya akan tetap melekat pada penyintas karena ketakutan masyarakat yang berlebihan. Dampak dari ketakutan yang berlebih dari masyarakat akan menghambat aktivitas para penyintas Covid-19, terutama pada mahasiswa, karena mahasiswa merupakan komunitas yang selalu beraktifitas dan berinteraksi satu dengan yang lain. Mahasiswa digolongkan sebagai remaja akhir atau masa dewasa awal, masa dimana puncak perkembangan, dan masa dewasa awal merupakan masa perubahan dari masa remaja. Pada masa ini seseorang akan menghadapi banyak masalah dalam hidup, dan masalah tersebut perlu ditangani dengan baik. Sehingga mahasiswa penyintas Covid-19 perlu memiliki konsep diri yang positif, konsep diri yang positif dapat terbentuk apabila strategi coping yang dilakukan mampu mengarah pada hal yang positif begitu pula sebaliknya. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dalam penelitian ini yaitu faktor yang mempengaruhi strategi coping dalam mengembangkan konsep diri penyintas Covid-19 dipengaruhi oleh adanya dukungan dari orang sekitar yaitu keluarga, teman sebaya dan masyarakat. dari adanya dukungan sosial memunculkan dampak positif dari perilaku coping yang dilakukan oleh ketujuh subjek yaitu subjek mampu menerima dirinya sebagai penyintas Covid-19, lebih berfikir positif, lebih mencintai diri sendiri, lebih menghargai diri sendiri dan mampu menguatkan diri sendiri. Komponen konsep diri berupa gambaran diri, ideal diri, harga diri, peran diri, dan identitas diri dapat membentuk konsep diri yang positif. Penerimaan yang positif dari orang tua, teman sebaya dan masyarakat mampu membuat ketujuh subjek dalam penelitian ini mengembangkan konsep diri yang positif. Kata Kunci: Strategi Coping, Konsep Diri, Penyintas Covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Coping, Konsep Diri, Penyintas Covid-19
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Silfia Putri Widiya Sari sdri
Date Deposited: 02 Aug 2022 06:39
Last Modified: 02 Aug 2022 06:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15242

Actions (login required)

View Item View Item