PENGARUH KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs MA'ARIF NU 08 PANICAN KABUPATEN PURBALINGGA

Unny, Rahayu (2022) PENGARUH KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs MA'ARIF NU 08 PANICAN KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
UNNY RAHAYU_PENGARUH KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs MA'ARIF NU 08 PANICAN KABUPATEN PURBALINGGA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan belajar terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 08 Panican Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode Expost Facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 08 Panican tahun ajaran 2021/2022 berjumlah 88 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 72 siswa yang dihitung menggunakan rumus Slovin dan dalam pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengukur keaktifan belajar dan tes untuk mengukur kemampuan koneksi matematis. Analisis hasil uji coba instrumen dilakukan menggunakan uji validitas dengan rumus perhitungan Product Moment Pearson dan uji reliabilitas dengan rumus perhitungan Cronbach’s Alpha. Kemudian dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas menggunakan uji kolmogorov-smirnov, uji linieritas regresi, dan uji keberartian regresi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh keaktifan belajar terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 08 Panican Kabupaten Purbalingga sebesar 12,9% sedangkan 87,1% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Belajar, Kemampuan Koneksi Matematis, Siswa.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Unny Rahayu
Date Deposited: 02 Aug 2022 01:43
Last Modified: 02 Aug 2022 01:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15202

Actions (login required)

View Item View Item