POLA RELASI ORANG TUA DAN GURU DALAM PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN PAUD DI MASA NEW NORMAL PADA TK AISYIYAH PANISIHAN MAOS CILACAP

Husen, Muslich Arifin (2022) POLA RELASI ORANG TUA DAN GURU DALAM PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN PAUD DI MASA NEW NORMAL PADA TK AISYIYAH PANISIHAN MAOS CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
HUSEN MUSLICH ARIFIN_POLA RELASI ORANG TUA DAN GURU DALAM PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN PAUD DI MASA NEW NORMAL PADA TK AISYIYAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

TK Aisyiyah Panisihan menjadikan relasi atau komunikasi antara orang tua dan guru sebagai salah satu perhatian yang serius, apalagi di masa new normal ini dimana penyelenggaraan pembelajaran lebih terbatas jika dibandingkan dengan masa sebelum pandemi COVID 19. Orang tua dan guru selalu berupaya agar hubungan atau komunikasi dan kerjasama khususnya di pembelajaran masa new normal ini dapat terus terjalin dengan baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pola relasi antara orang tua dan guru dalam penyelenggaraan pembelajaran PAUD di masa new normal pada TK Aisyiyah Panisihan. Penelitian ini menggunakan model penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini yaitu Kepala TK, Guru, dan Orang Tua Peserta Didik. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu pola atau bentuk relasi orang tua dan guru dalam penyelenggaraan pembelajaran PAUD di masa new normal pada TK Aisyiyah Panisihan antara lain: komunikasi antara orang tua dan guru melalui grup whatsapp yang dibuat khusus bagi orang tua dan guru untuk komunikasi mengenai kegiatan pembelajaran anak atau peserta didik di masa new normal, orang tua dan guru saling bekerja sama dalam upaya meningkatkan perkembangan belajar anak, ketika di sekolah menjadi tugas guru untuk mendidik, membimbing, mengarahkan, dan memotivasi siswa dalam belajar, sementara ketika di rumah orang tua berperan untuk mendidik, membimbing, mengarahkan, dan memotivasi anak ketika belajar di rumah. Kemudian guru juga terkadang datang ke rumah peserta didik untuk mengontrol kegiatan belajar anak didik ketika di rumah dan juga berkomunikasi dengan orang tua perihal perkembangan belajar anak atau peserta didik , seperti konsultasi, curhat, dll. Selain itu juga pihak sekolah mengadakan pertemuan rutin dengan orang tua siswa. Pertemuan diadakan sebanyak 3 kali dalam setahun dan membahas mengenai perkembangan peserta didik, musyawarah, konsultasi, dll. Dalam penyelenggaraan pembelajarannya TK Aisyiyah Panisihan menggunakan dua bentuk yaitu daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan) dilakukan secara tatap muka dengan protokol kesehatan. Kata Kunci: Relasi, Orang Tua, Guru, Pembelajaran, New Normal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Relasi, Orang Tua, Guru, Pembelajaran, New Normal
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Husen Muslich Arifin sdri
Date Deposited: 01 Aug 2022 07:33
Last Modified: 01 Aug 2022 07:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15163

Actions (login required)

View Item View Item