PEMBELAJARAN DARING DI KELAS III MI MUHAMMADIYAH JOMPO SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA

Triana, Silfia Lisa (2022) PEMBELAJARAN DARING DI KELAS III MI MUHAMMADIYAH JOMPO SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SILFIA LISA TRIANA_PEMBELAJARAN DARING DI KELAS III MI MUHAMMADIYAH JOMPO SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pandemi covid-19 memberikan dampak yang cukup besar bagi berbagai aspek kehidupan masyarakat, salah satuya dalam bidang pendidikan. Pelaksanaan pembelajaran di Indonesia sempat terhenti karena meluasnya penyebaran Covid-19. Hal ini memaksa pemerintah untuk mengambil kebijakan tentang pelaksanaan pendidikan di Indonesia yaitu pembelajaran dilakukan secara dalam jaringan (daring). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 di kelas III MI Muhammadiyah Jompo mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, faktor-faktor pendukung, hingga faktor-faktor penghambat dalam pembelajaran daring. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian field research yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data penulis menggunakan analisis data kualitatif dengan metode triangulasi dan melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran di kelas III MI Muhammadiyah Jompo terlaksana dengan kurang optimal. Guru dan peserta didik memiliki fasilitas-fasilitas dasar yang dibutuhkan, hal ini menunjukkan kesiapan pelaksanaan pembelajaran daring. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring, guru melaksanakan tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi pembelajaran dengan baik. Namun, dalam pelaksaannya juga terdapat kendala seperti kondisi jaringan internet yang tidak stabil, ketersediaan kuota internet, kesulitan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran, keterlambatan siswa dalam mengirim tugas, hasil evaluasi diragukan hasil pekerjaannya menjadi tantangan tersendiri dalam pelaksanaan pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran daring, masa pandemi, pandemi Covid-19
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Silfia Lisa Triana
Date Deposited: 29 Jul 2022 07:23
Last Modified: 29 Jul 2022 07:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15136

Actions (login required)

View Item View Item