PERAN GURU MI KHAERUL HUDA TEGALMUNDING DI MASYARAKAT DESA PRUWATAN KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES

Risnaeni Mustika, Ningrum (2022) PERAN GURU MI KHAERUL HUDA TEGALMUNDING DI MASYARAKAT DESA PRUWATAN KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Risnaeni Mustika Ningrum_Peran Guru MI Khaerul Huda Tegalmunding di Masyarakat Desa Pruwatan Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Peran guru tidak hanya sebagai pendidik dan pengajar. Guru memiliki banyak peran yang akan sangat mempengaruhi masyarakat sekitar. Dalam hal ini peran guru di masyarakat sangat mempengaruhi lingkungan sekitar. Peranan guru dalam masyarakat tergantung pada gambaran masyarakat mengenai kedudukan guru dan status sosialnya di masyarakat. Peranan guru juga tidak terlepas dari kualitas pribadi guru yang bersangkutan serta kompetensi guru dalam bekerja. Masyarakat akan sangat menghargai guru jika guru memiliki kecakapan dan kompetensi di bidangnya. Sebagai agen perubahan, guru dituntut untuk profesional dalam berinteraksi dengan masyarakat. Segala tindak tanduk guru di masyarakat akan sangat terlihat. Guru di masyarakat adalah pemimpin yang akan dicontoh atau dijadikan panutan oleh masyarakat karena guru memegang norma dan nilai-nilai yang harus dijaga dan dilaksanakan pada masyarakat. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru MI Khaerul Huda Tegalmunding. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, teknik analisis data menggunakan analisa model Milles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru MI Khaerul Huda Tegalmunding memiliki peran yang beragam di masyarakat desa pruwatan kecamatan bumiayu kabupaten brebes. Bentuk-bentuk peran guru MI Khaerul Huda Tegalmunding di masyarakat dilaksanakan dengan sikap inklusif, objektif, tidak diskriminatif, adaptif, dan komunikatif yang diwujudkan dalam bidang keagamaan (guru ngaji dan penceramah) dan non-keagamaan (ketua Ansor dan anggota pengurus pembangunan desa) dengan berperan didalamnya sebagai pendidik dan pengajar, sebagai pemimpin dan teladan, sebagai pembaharu (inovator), serta sebagai pembangun (motivator). Kata Kunci: Guru Madrasah Ibtidaiyah, Peran Guru, Masyarakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru Madrasah Ibtidaiyah, Peran Guru, Masyarakat
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.61 Organisasi Sosial
300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Risnaeni Mustika Ningrum
Date Deposited: 29 Jul 2022 05:11
Last Modified: 29 Jul 2022 05:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15117

Actions (login required)

View Item View Item