PERILAKU JUJUR ANAK USIA DINI DALAM SERIAL ANIMASI DUTA DAN DITI: PENCURI MANGGA KARYA KASTARI ANIMATION

Esensi Melati, Putih (2022) PERILAKU JUJUR ANAK USIA DINI DALAM SERIAL ANIMASI DUTA DAN DITI: PENCURI MANGGA KARYA KASTARI ANIMATION. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ESENSI MELATI PUTIH_PERILAKU JUJUR ANAK USIA DINI DALAM SERIAL ANIMASI DUTA DAN DITI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ESENSI MELATI PUTIH_PERILAKU JUJUR ANAK USIA DINI DALAM SERIAL ANIMASI DUTA DAN DITI PENCURI MANGGA KARYA KASTARI ANIMATION.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penanaman karakter perilaku jujur perlu lebih diperhatikan lagi oleh orangtua dan pendidik. Lingkungan yang ada di sekitar anak usia dini perlu diberi arahan untuk bekerja sama, terutama lingkungan keluarga. Orangtua juga perlu saling bekerja sama dengan tenaga pendidik dalam membentuk karakter baik dalam diri anak usia dini. Anak usia dini pada dasarnya belajar sambil bermain, maka dari itu salah satunya melalui serial animasi. Serial animasi Duta dan Diti episode Pencuri Mangga merupakan serial animasi karya Kastari Animation yang bisa dijadikan salah satu sarana belajar akhlakul karimah pada anak usia dini. Perilaku jujur pada anak usia dini akan berdampak pada perilaku sosial anak juga nilai anak itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan dan menjelaskan hasil dari bersikap jujur yang bisa ditiru oleh anak usia dini. Dalam serial animasi ini terdapat beberapa perilaku baik yang bisa dijadikan contoh bagi anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif atau metode artistik, karena proses penelitiannya lebih bersifat seni atau tidak terlalu terpola. Penulis mengambil kategori deskriptif dalam penelitian ini. Dalam serial animasi Duta dan Diti episode Pencuri Mangga nilai yang dapat diambil adalah mengakui kesalahan yang sudah diperbuat, jujur yang berakhir menenangkan, dan kebijakan orang dewasa dalam menyikapi perilaku jujur anak usia dini. Hasil penelitian pada serial animasi ini adalah nilai-nilai kejujuran dan dampaknya yang bisa diambil untuk menjadi salah satu stimulasi bagi anak usia dini dalam menanamkan perilaku jujur yaitu, mau mengakui kesalahan yang dibuat, jujur itu memberikan ketenangan, menerima hukuman atas perilaku yang tidak terpuji, kebijakan pendidik dalam merespon perilaku jujur pada anak usia dini, dan perilaku jujur anak usia dini dengan lingkungannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Jujur, Anak Usia Dini, Serial Animasi
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 173 Ethics of family relationships
100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 177 Ethics of social relations
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ESENSI MELATI PUTIH sdri
Date Deposited: 29 Jul 2022 07:57
Last Modified: 29 Jul 2022 07:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15116

Actions (login required)

View Item View Item