Irham Hanif, Abriyanto (2022) PESAN SOSIAL MELALUI MEDIA SOSIAL (ANALISIS SEMIOTIKA PADA AKUN INSTAGRAM @KERESAHAN.UIN.SAIZU). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Skripsi Irham Hanif Abriyanto_1817102063.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kemajuan teknologi pada era digital menciptakan ragam aktivitas bermasyarakat yang tak lepas dari media elektronik, salah satunya dalam bermedia sosial pada Instagram. Dalam hal demikian, pemanfaatan pada kemajuan era digital juga dilakukan untuk penyampaian pesan sosial dari suatu fenomena, baik dalam lingkup skala kecil maupun skala besar yang melahirkan berbagai macam inovasi pada budaya siber. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pesan sosial pada konten akun @keresahan.uin.saizu dalam pemanfaatan era digital melalui media Instagram pada materi konten meme. Dengan menggunakan analisis teori semiotika Roland Barthes guna mengetahui makna pesan sosial yang tersusun dari sebuah tanda, denotasi, konotasi dan mitos pada gambar meme. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan metode pengumpulan menggunakan data observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian pada temuan pesan sosial melalui media sosial akun Instagram @keresahan.uin.saizu yaitu meliputi teknik asosiasi serta makna pesan sosial yang mencakup didalam Tanda, Denotasi, Konotasi serta Mitos menggunakan acuan dari melalui gambar postingan meme konten meme di akun @keresahan.uin.saizu.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meme, Pesan Sosial, Instagram, Semiotika Roland Barthes |
Subjects: | 000 Generalities > 001 Knowledge 000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah 300 Social sciences > 306 Culture and institutions 300 Social sciences > 360 Social services; association |
Depositing User: | Irham Hanif Abriyanto sdr |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 05:02 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 05:02 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15113 |
Actions (login required)
View Item |