PENGEMBANGAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN PERMAINAN HALANG RINTANG PADA ANAK USIA DINI DI RA DIPONEGORO LIMBASARI KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA

Nurchasanah, Nurchasanah (2022) PENGEMBANGAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN PERMAINAN HALANG RINTANG PADA ANAK USIA DINI DI RA DIPONEGORO LIMBASARI KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIX NURCHASANAH PDF.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Motorik kasar pada anak perlu dikembangkan, karena perkembangan motorik menentukan keterampilan pada anak dalam bergerak. Pengembangan kemampuan motorik kasar dapat dilakukan salah satunya melalui kegiatan bermain. Permainan halang rintang merupakan salah satu permainan yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik anak khususnya motorik kasar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan motorik kasar melalui permainan halang rintang pada anak usia dini di RA Diponegoro Limbasari Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini metode yang digunakan penulis untuk mengumpulkan data adalah metode observasi, wawancara dan dokumenasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu berupa tiga tahapan, reduksi data, penyajian dan verifikasi data. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan kemampuan motorik kasar anak usia dini melalui permainan halang rintang meliputi persiapan membuat rencana kegiatan harian (RKH) dan menyiapkan media pembelajaran atau bahan ajar yang akan disampaikan atau dilatih, mengatur pembagian barisan anak sesuai dengan jumlah anak, memberikan materi atau contoh gerak dan mendemonstrasikan gerakan, melaksanakan evaluasi kegiatan yang telah dilakukan. Strategi yang digunakan dalam pengembangan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan halang rintang adalah praktek berkelompok sesuai dengan usia dan kemampuan anak masing-masing. Hambatan yang ditemukan seperti terjadinya pandemic covid-19 mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran yang seharusnya dilangsungkan dalam satu tempat kemudian dibagi menjadi tiga lokasi, tingkat emosional anak yang mudah berubah-ubah, pemilihan jenis permainan halang rintang yang mudah diikuti oleh anak. Kata Kunci : Motorik Kasar, Halang Rintang, Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motorik Kasar, Halang Rintang, Anak Usia Dini
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services > 362.7 Problem and Service to Young People (Anak dan Remaja)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Nurchasana Nurchasanah sdri
Date Deposited: 03 Aug 2022 07:10
Last Modified: 03 Aug 2022 07:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15073

Actions (login required)

View Item View Item