PESAN AKHLAK DALAM KOMIK (STUDI ETNOGRAFI VIRTUAL PADA AKUN @HEY.JONG)

Nur, Hidayat (2022) PESAN AKHLAK DALAM KOMIK (STUDI ETNOGRAFI VIRTUAL PADA AKUN @HEY.JONG). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NUR HIDAYAT_PESAN AKHLAK DALAM KOMIK (STUDI ETNOGRAFI VIRTUAL PADA AKUN @HEY.JONG).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Akhlak merupakan ajaran penting dalam agama Islam yang wajib dipatuhi. Tidak bersedianya masyarakat dalam menerapkan ajaran agama mengakibatkan terjadinya krisis akhlak yang terus mengalami peningkatan. Salah satu cara untuk memperbaiki keadaan sosial tersebut adalah dengan memperkenalkan ajaran Islam melalui kegiatan dakwah. Di era modern ini dakwah mudah untuk dilakukan melalui media sosial, salah satunya instagram. Akun @hey.jong merupakan salah satu akun instagram yang melakukan kegiatan berdakwah melalui postingan komik. Penyampaian materi melalui komik menjadi terobosan baru dalam kegiatan berdakwah. Dengan penyajian visualnya yang menarik dan sederhana membuat materi yang disampaikan mudah dipahami oleh pembaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kandungan pesan akhlak dalam komik yang disampaikan melalui komunikasi yang terjadi di akun instagram @hey.jong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis analisis deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara virtual, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah metode Analisis Media Siber milik Rulli Nasrullah yang meliputi level ruang media, level dokumen media, level objek media, dan level pengalaman, serta menggunakan teori Computer Mediated Communications (CMC). Hasil penelitian dari 21 postingan komik pada akun instagram @hey.jong terdapat pesan akhlak yang meliputi akhlak kepada Allah, akhlak kepada diri sendiri, akhlak kepada sesama manusia dan akhlak kepada alam. Pembagiannya yaitu pesan akhlak kepada Allah berjumlah 5 komik, pesan akhlak kepada diri sendiri berjumlah 10 komik, pesan akhlak kepada sesama manusia berjumlah 5 komik, dan pesan akhlak kepada Allah berjumlah 1 komik. Dalam perspektif teori Computer Mediated Communications (CMC), akun @hey.jong merupakan salah satu komunitas yang kegiatan komunikasinya dilakukan dengan dimediasi oleh perangkat komputer. Bentuk interaksi pengikut di ruang siber dalam perspektif CMC yang dikemukakan oleh Marc Smith meliputi; pertama, followers mampu melakukan interaksi walaupun tanpa harus bertatap muka. Kedua, tidak ada jadwal terstruktur dari admin akun @hey.jong yang ditetapkan dalam proses mengunggah konten. Ketiga, semua interaksi yang terjadi pada akun @hey.jong hanya melibatkan teks serta emoticon. Keempat, yang terlibat dalam interaksi tersebut, tidak mengenal orang berdasarkan gender, usia, pekerjaan ataupun yang lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pesan Akhlak, Komik, Etnografi Virtual, Instagram
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.23 Materi Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nur Hidayat sdr
Date Deposited: 26 Jul 2022 06:33
Last Modified: 26 Jul 2022 06:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15049

Actions (login required)

View Item View Item