BIMBINGAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNGJAWAB ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi pada Orang Tua Tunggal di Desa Kedungjati Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga)

Ma'rifatul, Lutfiah (2022) BIMBINGAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNGJAWAB ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi pada Orang Tua Tunggal di Desa Kedungjati Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MA'RIFATUL LUTFIAH - 1717101112.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan sejak ditemui banyaknya kasus pandemi covid-19 yang cukup signifikan, Indonesia memutuskan untuk menerapkan sistem pembelajaran daring secara menyeluruh dari tingkat SD, SMP, SMA, maupun Perguruan Tinggi. Dengan demikian, sistem pembelajaran daring tersebut menyebabkan orang tua cemas karena tanggungjawab mengenai pengawasan anak sepenuhnya dikembalikan kepada masing-masing orang tua. Maka dari itu pembentukan karakter disiplin dan tanggungjawab anak di masa pandemi covid-19 ini sangat penting dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pembimbingan yang dilakukan, dan kendala yang dihadapi oleh orang tua tunggal dalam membentuk karakter disiplin dan tanggungjawab anak di masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui pendekatan studi deskriptif. Subjek peneliti yang menjadi sasaran dalam penelitian ini yaitu berjumlah tiga orang tua tunggal yang memiliki anak usia 6-12 tahun. Hasil penelitian studi deskriptif ini menghasilkan kesimpulan bahwa pola pembimbingan yang dilakukan orang tua terhadap anaknya di masa pandemi covid-19 dilakukan dengan cara: 1) bimbingan orang tua melalui nasehat, 2) bimbingan orang tua melalui keteladanan, 3) bimbingan orang tua melalui pembiasaan, dan 4) bimbingan orang tua melalui pengawasan. Sedangkan kendala-kendala yang dihadapi orang tua tunggal dalam membentuk karakter disiplin dan tanggungjawab anak di masa pandemi covid-19 yaitu: keluarga, teman sebaya, dan lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Orang Tua, Karakter Disiplin, Karakter Tanggungjawab, dan Pandemi Covid-19
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ma'rifatul Lutfiah sdri
Date Deposited: 18 Jul 2022 03:24
Last Modified: 18 Jul 2022 03:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14986

Actions (login required)

View Item View Item