STRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI UMAT BERBASIS MASJID (Studi di Masjid Jami' Persatuan Islam Tionghoa Indonesia)

Khusni, Yatun (2022) STRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI UMAT BERBASIS MASJID (Studi di Masjid Jami' Persatuan Islam Tionghoa Indonesia). Skripsi thesis, UIN SAIZU.

[img]
Preview
Text
KHUSNIYATUN_STRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI UMAT BERBASIS MASJID (Studi di Masjid Jami' Persatuan Islam Tionghoa Indonesia Muhammad Cheng Hoo Purbalingga).pdf

Download (658kB) | Preview

Abstract

Pemberdayaan ekonomi umat melalui lembaga masjid merupakan salah satu upaya dalam rangka mengurangi kemiskinan umat. Masjid menjadi sentral kegiatan umat islam jika dikelola dengan baik akan sangat membantu mensejahterakan umat baik di bidang ekonomi, sosial, politik, dan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemberdayaan ekonomi umat yang di lakukan oleh Masjid Jami’ PITI Muhammad Cheng Hoo Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan mengambil lokasi penelitian di Masjid Jami’ PITI Muhammad Cheng Hoo Purbalingga. Penulis dalam melakukan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa strategi pemberdayaan ekonomi umat yang dilakukan Masjid Jami’ PITI Muhammad Cheng Hoo tercermin dari adanya kegiatan jual beli di area masjid. Kegiatan jual beli tersebut dapat meningkatkan pendapatan masyaraat sekitar yang turut berdagang di area masjid. Strategi yang dilakukan masjid antara lain ; 1) Memberi kesempatan masyarakat untuk berdagang di area masjid, 2) menyediakan tempat parkir yang luas, 3) fasilitas yang memadai bagi pedagang, 4) memiliki sistem pemasaran yang menarik dan 5) lingkungan yang mendukung. Kata Kunci: Strategi Pemberdayaan, Pemberdayaan Ekonomi Umat dan Masjid Cheng Hoo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karya Tulis Akhir
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.2 Politik
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.5 Masjid
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Khusniyatu Khusniyatun sdr
Date Deposited: 04 Jul 2022 01:43
Last Modified: 04 Jul 2022 01:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14943

Actions (login required)

View Item View Item