PENANAMAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI (STUDI PADA KELUARGA DI DESA KARANGSEMBUNG KECAMATAN NUSAWUNGU KABUPATEN CILACAP)

Fita, Enjelita (2022) PENANAMAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI (STUDI PADA KELUARGA DI DESA KARANGSEMBUNG KECAMATAN NUSAWUNGU KABUPATEN CILACAP). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FITA ENJELITA 1817406060 PENANAMAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI (STUDI PADA KETLUARGA DI DESA KARANGSEMBUNG KECAMATAN NUSAWUNGU KABUPATEN CILACAP).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya variasi kemandirian pada anak usia dini di Desa Karangsembung Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap. Variasi tersebut diduga karena terdapat perbedaan cara penanaman kemandirian pada anak di lingkungan keluarga. Dengan demikian penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan dan mendapatkan pengetahuan lebih luas tentang bagaimana Penanaman Kemandirian Anak Usia Dini (Studi Pada Keluarga Di Desa Karangsembung Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap). Penelitian ini termasuk penelitian lapangan yang tergolong dalam penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan model Miles Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga di Desa Karangsembung Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap, dalam menanamkan kemandirian pada anak usia dini di lingkungan keluarga yaitu dengan meluangkan waktu untuk anak, menerapkan kebiasaan, kedisiplinan pada anak, menerpakan tanggung jawab pada anak serta memberikan reward atau hadiah sebagai motivasi untuk anak agar terus terdorong melakukan kemandirian-kemandirian lainnya. Kata Kunci : Kemandirian, Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian, Anak Usia Dini.
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences
300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fita Enjelita sdri
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:45
Last Modified: 28 Jun 2022 01:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14877

Actions (login required)

View Item View Item