UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MI MA'ARIF NU BAJONG BUKATEJA PURBALINGGA

Nur Afifah, Afiyani (2022) UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MI MA'ARIF NU BAJONG BUKATEJA PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifudin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LAMPIRAN fia.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi Nur Afifah Afiyani (1).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Untuk menghasulkan SDM yang berkualitas dibutuhkan guru yang kompeten. Guru merupakan komponen yang paling menentukan dalam sistem pendidikan. Guru yang berkompeten akan menciptakan lingkungan belajar yang efektif, menyenangkan dan akan lebih mampu mengelola kelasnya, sehingga peserta didik berada pada tingkat optimal. Namun lingkungan sekolah sebagai masalah pedagogik praktis masih sering menggunakan pengajaran dengan program-program kurikulum dengan tujuan-tujuan pembelajaran (pengajaran) jangka pendek. Guru-guru bisa tak sengaja mengabaikan tujuan-tujuan jangka panjang. Berdasarkan latar belakang diatas, rumusan masalah dari penelitian adalah bagaimana upaya peningkatan profesionalisme guru MI Ma’arif NU Bajong Bukateja Purbalingga Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif-kualitatif.lokasi penelitian dilakukan di MI Ma’arif NU Bajong Bukateja Purbalingga. Subjek penelitian adalah guru, siswa-siswi dan kepala MI Ma’arif NU Bajong Bukateja Purbalingga. Objek penelitan adalah kompetensi guru MI Ma’arif NU Bajong Bukateja Purbalingga. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru dalam MI Ma’arif NU Bajong Bukateja Purbalingga. MI Ma’arif NU Bajong Bukateja Purbalingga telah melakukan 8 komponen kompetensi yang diharapkan dalam undang-undang Sistem Pendidikan Nasional dan pendapat E. Mulyasa, yaitu: 1) pemahaman wawasan atau landasan kependidikan, 2) pemahaman terhadap peserta didik, 3) pengembangan kurikulum atau silabus, 4) perancangan pembelajaran, 5) pembelajaran yang mendidik dan dialogis, 6) pemanfaatan tekhnologi, 7) evaluasi hasil belajar, 8) pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya kata kunci: Profesionalisme Guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: profesionalisme guru
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nur Afifah Afiyani sdri
Date Deposited: 28 Jun 2022 06:39
Last Modified: 28 Jun 2022 06:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14874

Actions (login required)

View Item View Item