Problem dan Solusi Pembelajaran Tematik di MI Ma'arif NU 02 Babakan Kabupaten Banyumas

Praptiwi Nur Aliyah Hidayah, praptiwi (2022) Problem dan Solusi Pembelajaran Tematik di MI Ma'arif NU 02 Babakan Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H.Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Praptiwi Nur Aliyah Hidayah_Problem dan Solusi Pembelajaran Tematik di MI Ma'arif NU 02 Babakan Kabupaten Banyumas (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PROBLEM DAN SOLUSI PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI MA’ARIF NU 02 BABAKAN KABUPATEN BANYUMAS PRAPTIWI NUR ALIYAH HIDAYAH 1717405118 Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negri Purwokerto ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi adanya problem yang menjadi penghambat pembelajaran tematik pada siswa di MI Ma’arif NU 2 Babakan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran di MI Ma’arif NU 02 Babakan dan mencari tau jawaban atas pernyataan masalah yang terdapat di MI Ma’arif NU 02 Babakan Kabupaten Banyumas yaitu tentang problem yang menjadi penghambat dalam pembelajaran dan bagaimana solusinya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan yang mengambil data secara langsung dari lapangan atau tempat penelitian. Sedangkan pendekatan yang dilakukan oleh penulis dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan maka hasil dari penelitian ini yaitu proses pembelajaran tematik pada siswa di MI Ma’arif NU 02 Babakan ditemukan bahwa Problem pembelajaran tematik yang ditemui antara lain: kesulitan menyusun RPP, kesulitan mengorganisasikan waktu dengan materi pembelajaran, metode pembelajaran tematik monoton dan kurang relevan, media pembelajaran tematik masih minim dan sederhana, motivasi belajar siswa masih rendah, sarana dan prasarana belajar kurang memadai, kesulitan memanfaatkan waktu dalam penilaian. Solusi atau upaya untuk mengatasi problematika pembelajaran tematik antara lain: sharing atau tukar pendapat dengan teman sesama guru, mengumpulkan materi pelajaran dalam dua pertemuan menjadi satu, mengkombinasikan metode ceramah dengan metode lainnya seperti metode simulasi, menggunakan media audio, visual maupun audio visual, memberi hukuman kepada siswa yang susah diatur, mengajak siswa keluar kelas dan mengamati lingkungan sekitar sekolah, menggunakan laptop sebagai pengganti LCD proyektor, menyiapkan instrumen penilaian terlebih dahulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Problem dan Solusi Pembelajaran Tematik
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Praptiwi Nur aliyah Hidayah
Date Deposited: 27 Jun 2022 11:42
Last Modified: 27 Jun 2022 11:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14832

Actions (login required)

View Item View Item