ETNOMATEMATIKA PADA BANGUNAN MASJID MUHAMMAD CHENG HOO DI PURBALINGGA SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOMETRI

Faizal, Khaqiqi (2022) ETNOMATEMATIKA PADA BANGUNAN MASJID MUHAMMAD CHENG HOO DI PURBALINGGA SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOMETRI. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
skripsi faizal khaqiqi v.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan.yang.hendak.dicapai.dalam.penelitian ini adalah.untuk.mengetahui bagaimana.kajian.etnomatematika pada bangunan Masjid Muhammad Cheng Hoo di Purbalingga sebagai sumber belajar geometri. Jenis.penelitian.ini.adalah termasuk.jenis.penelitian.kualitatif.dengan.pendekatan etnografi..Daerah penelitian dilakukan.pada bangunan Masjid Muhammad Cheng Hoo di Purbalingga. Metode.pengumpulan.data yang.digunakan adalah .metode observasi, wawancara.dan.dokumentasi. Observasi dilakukan oleh peneliti. Wawancara dilakukan terhadap 3 narasumber yaitu pendiri Masjid Muhammad Cheng Hoo Purbalingga dan Imam Masjid Muhammad Cheng Hoo Purbalingga dan Ketua RT dimana masjid Muhammad Cheng Hoo bertempat . Dokumentasi diperoleh pada saat melakukan observasi pada tempat penelitian Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Masjid.Muhammad.Cheng Hoo.di Purbalingga.merupakan masjid dengan unsur 3 budaya yaitu, Cina, Arab, dan Jawa. Selain unsur budaya yang melekat pada masjid Muhammad Cheng Hoo terdapat juga konsep geometri seperti konsep bangun datar yang terdapat pada plafon mihrab (persegi panjang), ornamen plafon mihrab (belah ketupat), pintu utama (lingkaran). Konsep transformasi geometri yang terdapat pada ornamen motif banji swastika (refleksi), pintu utama (refleksi), plafon pagoda (rotasi). Konsep poligon yang terdapat pada ventilasi masjid (segi delapan), pagoda masjid (segi delapan). Konsep bangun ruang sisi lengkung yang terdapat pada lampion (bola) dan kubah masjid (bola). Tak hanya unsur budaya dan konsep geometri yang terkandung dalam bangunan Masjid Muhammad Cheng Hoo, terdapat juga aktivitas etnomatematika yang dapat dijumpai pada bagian-bagian masjid, contohnya aktivitas mengukur, aktivitas rancang bangun, aktivitas menjelaskan dan aktivitas menentukan lokasi. Dimana aktivitas etnomatematika yang terdapat pada masjid Muhammad Cheng Hoo dapat dijadikan sebagai sumber belajar geometri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Etnomatematika, Masjid Muhammad Cheng Hoo, Sumber Belajar Geometri
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Faizal Khaqiqi sdr
Date Deposited: 27 Jun 2022 09:33
Last Modified: 27 Jun 2022 09:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14797

Actions (login required)

View Item View Item