TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENUKARAN POIN APLIKASI TIK TOK DENGAN SALDO DANA (Studi Kasus Pengguna Aplikasi Tik Tok di Desa Pengebatan Kec. Karanglewas Kab. Banyumas)

Afifah, Alfariza Putri (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENUKARAN POIN APLIKASI TIK TOK DENGAN SALDO DANA (Studi Kasus Pengguna Aplikasi Tik Tok di Desa Pengebatan Kec. Karanglewas Kab. Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifudin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK AFIFAH ALFARIZA PUTRI_TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENUKARAN POIN APLIKASI TIK TOK DENGAN SALDO DANA .pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
AFIFAH ALFARIZA PUTRI_TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENUKARAN POIN APLIKASI TIK TOK DENGAN SALDO DANA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENUKARAN POIN APLIKASI TIK TOK DENGAN SALDO DANA (Studi Kasus Pengguna Aplikasi Tik Tok di Desa Pengebatan Kec. Karanglewas Kab. Banyumas) ABSTRAK Afifah Alfariza Putri NIM. 1717301048 Media sosial menjadi kebutuhan penting hidup manusia saat ini, selain mejadi tempat interaksi sosial serta untuk memperluas jenjang sosial bahwasanya media sosial ini yakni aplikasi Tik Tok. Pada Aplikasi Tik Tok terdapat fitur untuk pengguna dapat mengumpulkan Koin Tik Tok dan dapat ditukarkan dengan uang Rupiah melalui Aplikasi dana. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Tinjauan Hukum Islam terhadap penukaran Poin Aplikasi Tik Tok dengan saldo dana di Desa Pengebetan Kec. Karanglewas Kab. Banyumas Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) di Desa Pengebetan Kec. Karanglewas Kab. Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan yuridis normatif. Yuridis normatif yaitu jenis pendekatan yang menggunkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku atau metode pendekatan hukum doktrinal yaitu teori-teori hukum dan pendapat para Ilmuwan hukum. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data melalui penelusuran, membaca dan mencatat, tindakan selanjutnya adalah penyusunan data, mengklasifikasinya, yang kemudian dilanjutkan dengan penganalisaan data yang menghasilkan kesimpulan Penelitian ini menunjukan bahwa, Dari implemantasi akad ju’a>lah} berdasar rukun dan syarat yang ada dengan penggunaan aplikasi Tik Tok serta mengumpulkan poin Tik Tok maka hal tersebut diperboleh menurut Islam asalkan harus memenuhi beberapa ketentuan agar akad ju’a>lah} tidak rusak, anatara lain Pengguna sudah berumur 18 tahun dan memiliki Kartu tanda penduduk sebagai syarat sinkonisasi dengan e-wallet Aplikasi Dana dan Pengguna wajib menghindari konten konten yang berbau pornografi karena hal tersebut merupakan perbuatan zina dan dilarang oleh agama Islam. Transaksi penukaran Pon Tik Tok dengan dengan Uang Rupiah sudah sesuai dengan rukun dan syarat s}arf. Poin Tik Tok Merupakan poin virtual yang dikeluarkan oleh aplikasi Tik Tok yang sudah developer Tik Tok jelaskan mengenai kadar nilai tukar dengan uang rupiah. Kata kunci : Hukum Islam, Poin Aplikasi Tik Tok, Saldo Dana, Desa Pengebatan Kec. Karanglewas Kab. Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Hukum Islam, Poin Aplikasi Tik Tok, Saldo Dana, Desa Pengebatan Kec. Karanglewas Kab. Banyumas.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam (Ariyah, Riba, Sewa, Hiwalah, Rahn, Jialah, Asuransi, Dhoman)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: AFIFAH ALFARIZA PUTRI Sdri.
Date Deposited: 27 Jun 2022 07:44
Last Modified: 27 Jun 2022 07:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14762

Actions (login required)

View Item View Item