PENGARUH PENDAPATAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN SISTEM PEMBAYARAN BAYAR TUNDA (PAYLATER) PADA FITUR SHOPEEPAYLATER (Studi Kasus Mahasiswa di Purwokerto)

Mega Rizki, Utami (2022) PENGARUH PENDAPATAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN SISTEM PEMBAYARAN BAYAR TUNDA (PAYLATER) PADA FITUR SHOPEEPAYLATER (Studi Kasus Mahasiswa di Purwokerto). Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Mega Rizki Utami_1817201233_ES.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perubahan kebiasaan berbelanja online yang terjadi pada waktu belakangan ini khususnya pada saat pandemi covid-19 memunculkan berbagai macam tren baru. Seperti transformasi dalam sistem pembayaran yang ramai digunakan seperti sistem pembayaran bayar tunda pada beberapa platform e-commerce. Shopeepaylater merupakan sistem pembayaran bayar tunda yang disediakan oleh shopee untuk memanjakan penggunanya. Penggunaan metode bayar tunda pada shopeepaylater tentu dilandasi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah pendapatan dan kemudahan. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui: (1) pengaruh pendapatan terhadap minat menggunkan sistem pembayaran bayar tunda (paylater) pada fitur shopeepaylater; (2) pengaruh kemudahan terhadap minat menggunakan sistem pembayaran bayar tunda (paylater) pada fitur shopeepaylater; (3) pengaruh pendapatan dan kemudahan terhadap minat menggunakan sistem pembayaran bayar tunda (paylater) pada fitur shopeepaylater. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model field research. Data penelitian ini merupakan data primer yang dikumpulkan melalui metode kuesioner melalui google form dengan purpossive sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji rank spearman, kendall’s w dan regresi ordinal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel pendapatan terhadap minat menggunakan sistem pembayaran bayar tunda (paylater) pada fitur shopeepaylater; (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel kemudahan terhadap minat menggunakan sistem pembayaran bayar tunda (paylater) pada fitur shopeepaylater; (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel pendapatan dan kemudahan secara simultan terhadap minat menggunakan sistem pembayaran bayar tunda (paylater) pada fitur shopeepaylater.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Shopeepaylater, pendapatan, kemudahan, minat menggunakan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mega Rizki Utami sdri
Date Deposited: 27 Jun 2022 06:34
Last Modified: 27 Jun 2022 06:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14732

Actions (login required)

View Item View Item