PENGARUH MOTIVASI, KEPERCAYAAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE (STUDI KASUS MAHASISWA DI PURWOKERTO)

ARYANI CAHYA, PERTIWI (2022) PENGARUH MOTIVASI, KEPERCAYAAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE (STUDI KASUS MAHASISWA DI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ARYANI CAHYA PERTIWI_PENGARUH MOTIVASI, KEPERCAYAAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE (STUDI KASUS MAHASISWA DI PURWOKERTO).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengguna internet di Indonesia pada awal tahun 2021 menembus angka 202, 6 juta jiwa. Banyaknya pengguna internet menimbulkan berbagai cara baru dalam berbagai aspek kehidupan dan memunculkan fenomena e-life, dimana banyak aspek kehidupan yang dilakukan secara elektronik dan memunculkan berbagai istilah yang diawali hufuf “e” seperti e-education, e-medicine, e-library, e-journal, e-laboratory, e-commerce, e-money, e-goverment dan lain sebagainya yang berbasis elektronik. E-commerce menempati posisi pertama sebagai sektor yang berkontribusi besar terhadap ekonomi digital di Indonesia. Munculnya berbagai e-commerce berdampak pada pola perilaku masyarakat yang lebih memilih bertransaksi online dalam memenuhi kebutuhannya karena berbagai keunggulan seperti lebih praktis, dapat menghemat waktu, dan memiliki banyak pilihan barang yang akan dibeli. Dari berbagai platform e-commerce shopee menjadi salah satu platform e-commerce yang paling banyak dikunjungi pada tahun 2020. Keputusan pembelian tidak terlepas dari perilaku konsumen. Menurut Kotler dan Kaller perilaku pembelian konsumen dipengaruhi oleh faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis yang mana menurut para ahli faktor psikologi menjadi faktor yang paling mendominasi termasuk variabel-variabel penelitian yang diambil peneliti yaitu motivasi dan kepercayaan. Peneliti juga memiliki fakta lain yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian melalui marketplace Shopee yaitu harga dan lokasi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan populasi mahasiswa di Purwokerto yang mengetahui dan pernah bertransaksi melalui Marketplace Shopee. Jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden. Analisis data menggunakan korelasi Rank Spearman, Konkordansi Kendall’s W dan Regresi Ordinal. Hasil uji Rank Spearman menunjukan variabel motivasi, kepercayaan dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan untuk variabel lokasi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Pada uji Konkordansi Kendall’s W menunjukan korelasi yang kuat dan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Kemudian pada hasil analisis regresi ordinal pada model Parameter Estimates menunjukan variabel motivasi, kepercayaan dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian mahasiswa Purwokerto pada Marketplace Shopee, sedangkan lokasi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian mahasiswa Purwokerto pada Marketplace Shopee. Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian, Motivasi, Kepercayaan, Harga, Lokasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PERILAKU KONSUMEN, KEPUTUSAN PEMBELIAN, MOTIVASI, KEPERCAYAAN, HARGA, LOKASI
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aryani Cahya Pertiwi sdri
Date Deposited: 27 Jun 2022 06:26
Last Modified: 27 Jun 2022 06:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14719

Actions (login required)

View Item View Item