STRATEGI BENCHMARKING PROGRAM TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KULON DAN MI MA'ARIF NU 01 PANCURENDANG KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Juriyati, Juriyati (2022) STRATEGI BENCHMARKING PROGRAM TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KULON DAN MI MA'ARIF NU 01 PANCURENDANG KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof.K.H.Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
JURIYATI_STRATEGI BENCHMARKING PROGRAM TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KULON DAN MI MA’ARIF NU 01 PANCURENDANG KECAMATAN AJIBARANG.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis program benchmarking di dua madrasah, yaitu MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon dan MI Ma’arif NU 01 Pancurendang. Benchmarking merupakan upaya madrasah untuk meningkatkan madrasah yang unggul dan berdaya saing. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dimana peneliti melaksanakan penelitian dengan terjun langsung dilapangan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang dimulai dengan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon melaksanakan benchmarking ke SD Muhammadiyah 04 Pucang Surabaya dan UMMI Pusat di Yogyakarta. Sedangkan MI Ma’arif NU 01 Pancurendang melaksanakan benchmarking ke MI Sambas Purbalingga. Pada tahap pelaksanaan, MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon melasanakan benchmarking dengan mengirimkan guru-guru mereka ke Lembaga SD Muhammadiyah 04 Pucang Surabaya dan cabang UMMI di Yogyakarta selama beberapa hari. Sedangkan, MI Ma’arif NU 01 Pancurendang dilakukan dengan mengundang expert dari MI Sambas Purbalingga melalui workshop Pengembangan Program Tahfidz. Pada tahap check benchmarking, MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon lebih diarahkan pada kesiapan SDM dalam melaksanakan program tahfidz. Sedangkan MI Ma’arif NU 01 Pancurendang lebih kearah metode yang sudah dilaksanakan di madrasah tersebut, yaitu metode tasmur. MI Ma’arif NU 01 Pancurendang melaksanakan morning al-Qur’an. Sedangkan MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon mencoba untuk mengintegrasikan tahfidz al-Qur’an kedalam mata pelajaran agama, selain pembiasaan setiap pagi. Selain itu, metode tartilnya pun berbeda MI Ma’arif NU menggunakan tasmur dan MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon menggunakan metode UMMI. Kata Kunci: Benchmarking, program tahfidz, madrasah

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Benchmarking, program tahfidz, madrasah
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Juriyati Juriyati
Date Deposited: 26 Jun 2022 00:00
Last Modified: 26 Jun 2022 00:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14628

Actions (login required)

View Item View Item